Yang Perlu Anda Ketahui Tentang YouTube

Apa itu youtube

Di mana Anda biasa mencari video di Internet? Jawaban dari kebanyakan orang adalah melalui situs YouTube. Situs web ini memang sangat popular. Selain untuk mencari video, Anda juga dapat mengupload video. Bahkan, tidak sedikit orang awam yang akhirnya menjadi artis atau terkenal setelah aksinya diupload ke YouTube. Dan disukai banyak orang. Tapi, tahukah Anda siapa pembuat YouTube, bagaimana perjalanannya sejak pertama kali muncul. Yuk, kenal lebih dalam dengan YouTube.

Pendiri YouTube

Pembuat YouTube terdiri dari 3 orang mantan karyawan Paypal yang bernama Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Asal mula pembuatan situs web ini dilatarbelakangi oleh keinginan Chad Hurley dan Steven Chen yang ingin memperlihatkan video pesta makan malam kepada Jawed Karim yang tidak bisa hadir. Maka, muncullah ide bagaimana cara untuk membagikan video dengan mudah.

Domain YouTube.com mulai aktif pada Febuari 2005. Pada bulan Mei 2005 mereka mulai mempublikasikan situs web ini. Dan akhirnya, diresmikan pada bulan November 2005. Video pertama yang diupload di YouTube adalah video buatan Jawed Karim yang berjudul “Me at The Zoo” yang diunggah pada tanggal 23 April 2005. Video ini menampilkan Jawed Karim yang berada di kebun binatang San Diego.

Kantor Pertama YouTube

Pada awal berdirinya, kantor YouTube berada diatas sebuah restoran yang menjual pizza dan makanan Jepang di Fransisco. Suntikan dana dari Sequoia Capital dan mantan CFO Paypal diperoleh pada awal berdirinya YouTube yang terus bertumbuh dengan cepat.
Perkembangan YouTube semakin terlihat pada tahun 2006 dimana situs web ini mampu menduduki peringkat 5 Alexa. Hasil statistik bulan Juli 2006, ada 100 juta video yang ditonton dan 65.000 video yang diupload setiap harinya.

Tantangan YouTube

Tetapi, langkah perjalanan YouTube tidak selalu mulus. Pada tahun 2006, YouTube menghadapi gugatan dari Universal Tube & Rollform Equipment yang memiliki domain dengan nama yang mirip, yaitu www.utube.com. Tuntutan dilakukan karena mereka merasa keberatan situsnya dibanjiri oleh para pengunjung yang ingin mengakses YouTube.com.

Diakuisisi Google

Kepopuleran YouTube menarik perhatian Google. Pada 9 Oktober 2006, Google membeli YouTube dengan harga US$ 1,65 Milyar dengan perjanjian YouTube harus menyelesaikan gugatan hukum yang tengah dihadapinya. Gugatan hukum ini diselesaikan dengan akhirnya www.utube.com berubah nama menjadi www.utubeonline.com. YouTube akhirnya resmi diakuisisi Google pada tanggal 13 November 2006.

Ayo Unggah Video Anda

Syarat untuk dapat mengunggah video ke dalam situs, adalah Anda harus memiliki akun Google. Dengan memilikinya, Anda dapat mengunggah video ke YouTube. Jika video Anda menarik, makin banyak orang yang menonton dan video Anda akan menjadi tren di YouTube.

Sampai saat ini, YouTube masih menjadi situs web yang paling disukai untuk berbagi video. YouTube digunakan baik untuk berbagi video pribadi maupun untuk kepentingan perusahaan. Apakah Anda juga salah satu penggemar YouTube?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *