WISATA PETIK BUAH

petik

Kabupaten Malang memiliki banyak obyek wisata alam yang dapat dinikmati bersama keluarga. Selain obyek wisata pantai, air terjun, wisata alam petik jeruk di desa wisata Selorejo Kecamatan Dau, menjadi banyak jujugan wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam desa yang penuh dengan kebun jeruk. Sensasi memetik jeruk langsung dari pohonnya dan menikmatinya menjadi sensasi tersendiri yang hanya ada di desa wisata petik jeruk Selorejo.

Cocok pula untuk di gunakan sebagai media pembelajaran oleh pelajar, mahasiswa dan keluarga. Lokasinya kurang lebih sekitar 8 kilometer dari jalan raya utama Malang-Batu. Keindahan alam dan sensasinya tidak kalah indah dari agrowisata yang lain. Lebih terlihat alami, beraroma pedesaan dan yang pasti berbeda dengan agrowisata lain yang cenderung sudah tertata.
“Wisata petik jeruk berdampak positif terhadap perkembangan petani jeruk dan potensi yang ada, khususnya yang ada di desa wisata Selorejo, Kecamatan Dau yang sudah terkenal dengan wisata petik jeruknya,” kata Bupati Malang, H. Rendra Kresna.
Model wisata ini juga menjadi salah satu andalan Kabupaten Malang untuk menarik wisatawan. Karena itu, Pemkab Malang terus mengembangkan wisata petik buah langsung dari kebunnya. Selain petik jeruk, ada juga wisata petik apel di Poncokusumo dan sekitarnya.

Untuk wisata petik jeruk juga dikembangkan di Kecamatan Karangploso. Khusus potensi petik jeruk di Karangploso memiliki daya tarik tersendiri jika dilakukan pengembangan dan pengelolaan lebih bagus. Karena di kecamatan itu, ratusan hektar perkebunan Jeruk setiap tahunnya selalu menghasilkan panen yang luar biasa. Hanya saja, petani di lokasi itu langsung memasarkannya kepada konsumen melalui pasar-pasar yang ada.
Potensinya ada di beberapa wilayah seperti Desa Tawangargo, Donowarih sampai Desa Bocek bisa di optimalkan dengan paket wisata petik jeruk seperti yang sudah ada di Dau.

“Selain wilayah Kecamatan Karangploso, wilayah lain yang menjadi bidikan juga berada di kawasan Poncokusumo. Hanya saja, kawasan itu sistem pengelolaannya nyaris sama. Yakni, petani langsung memasarkan hasil panennya kepada pasar,” terangnya.
Untuk kawasan timur, Rendra menerangkan, kalau pemerintah daerah lebih konsentrasi pada petik apel, klengkeng dan petik blimbing. Tiga buah itu, menjadi potensi yang selama ini dikembangkan masyarakat.
“Untuk Malang Timur, akan lebih bagus untuk pengembangan agro buah apel, klengkeng dan blimbing. Sehingga, penyebaran lokasi petik buah di kabupaten, sangat banyak dan bervariasi,” paparnya

 

 

Kata Kunci :

  • dp bbm kebun buah
  • wisata petik klengkeng batu malang
  • cafe daerah poncokusumo
  • dp bbm kebun apel
  • kebun belimbing
  • kebun belimbing di malang
  • kebun buah dp bbm
  • pengelolaan taman petik belimbing di blitar
Suka blusukan

1 Comment

  1. dewi

    May 26, 2014 at 9:28 am

    mohon maaf. apa anda memiliki contact perso. daripetani jeruk selorejo ini? terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *