Warisan Dunia Hutan Batu Di China

hutan-batu-di-china

 

Negara China tak hanya terkenal dengan salah satu keajaiban dunia yaitu tembok raksasa, kuil-kuil peribadatan, arsitektur yang khas serta pasar tradisionalnya saja, ternyata negara China juga memiliki destinasi wisata yang diklaim sebagai warisan dunia yang tak kalah indah dan juga menarik. Seperti yang dilansir dari halaman AmusingPlanet bahwa China memilliki destinasi wisata yang bisa dikatakan terbentuk di luar nalar manusia dan tidak akan bisa ditemukan ditempat lainnya. Fenomena dimaksud adalah tentang keberadaan sebuah hutan batu di China yang sangat luas serta pertumbuhannya juga seperti rerimbunan pohon.

Hutan Batu atau yang disebut dengan Stone Forest di bagian selatan China ini sudah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan Dunia. Hutan batu tersebut berada di Shilin Yi Otonomi County, Provinsi Yunnan, atau sekitar 120 kilometer dari Provinsi Kunming.

Mengapa hutan tersebut dinamakan sebagai hutan berbatu? Karena di area tersebut memang tumbuh bebatuan tinggi yang menyerupai pohon serta bertumbuh dengan sangat subur. Selain itu batu yang tumbuh di area tersebut juga sangat banyak bahkan hingga sampai ribuan. Menurut cerita masyarakat China batu kokoh tersebut sudah ada sejak 270 tahun yang lalu.

Kemudian masyarakat sekitar juga sangat mempercayai bahwa batu-batu tersebut diciptakan oleh dewa yaitu dengan cara membelah gunung. Pada zaman dahulu menurut cerita, tempat ini pernah dijadikan sebuah tempat persinggahan oleh sepasang pasangan. Maka dari itu menurut kepercayaan yang beredar di masyarakat jika ada wisatawan yang berkunjung ke tempat ini maka mereka akan diberikan umur panjang dengan hubungan yang dijalinnya.

Uniknya lagi hutan bebatuan yang sudah tumbuh di area seluas 80 hektar tersebut dibentukkan oleh sebuah erosi angin serta dengan air yang sudah terjadi sejak ratusan tahun yang lalu. Kemudian yang membuatnya menjadi lebih menarik yaitu Bright Summit Park atau puncak cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *