Trik Merawat Fan Pendingin Laptop

cara membersihkan fan laptop

Fan atau kipas pendingin laptop memiliki peran penting untuk membantu semua fungsi di laptop. Ketika fan tidak bekerja dengan benar, maka laptop dapat mengalami panas berlebihan jika fan tidak mampu mendinginkannya selama laptop beroperasi. Beberapa laptop memiliki fan, namun jika fan berhenti berputar, berarti merupakan masalah. Anda dapat menjaga kebersihan fan dari debu dan kotoran untuk membantu meringankan masalahnya.

  • Anda dapat mencoba membersihkan debu atau kotoran yang mungkin menyangkut di fan, dengan menggunakan vacuum USB kecil. Sebuah vacuum mini USB ditancapkan di outlet USB laptop, dan alat tersebut akan secara efektif menghilangkan debu yang mungkin menyangkut di fan laptop.
  • Semprotkan udara mampat ke dalam lubang fan untuk menghilangkan debu yang menempel. Udara mampat biasanya dijual dalam bentuk kaleng semprotan, dan dijual di toko elektronik, dan mampu membersihkan debu dari keyboard dan fan laptop.
  • Ambil laptop dan berikan goyangan sedikit. Pegang erat laptop, dan goyangkan ke atas dan ke bawah, ke samping kiri dan kanan. Jika masih ada sesuatu yang menyangkut di dalam fan yang membuatnya berhenti berputar, maka sedikit goyangan mungkin dapat mengeluarkannya.
  • Gunakan sepasang penjepit untuk mengambil object asing yang membuat fan berhenti berputar. Biasanya berbentuk partikel kecil yang kotor, dan object kecil lainnya yang terperangkap di dalam lubang fan.
  • Membawa laptop ke teknisi computer yang sudah ahli, jika Anda sudah tidak bisa mendiagnosa masalah laptop Anda. Atau Anda dapat menghubungi solusi layanan manufaktur laptop Anda untuk mengatasi masalah macetnya fan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *