TPA TLEKUNG KOTA BATU MENGALAMI PENINGKATAN JUMLAH SAMPAH

AA sampah

BATU  Jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu meningkat. Dari sebelumnya hanya 40 ton, kini meningkat menjadi 70 ton setiap harinya. Sampah-sampah tersebut juga banyak yang menumpuk di lokasi pemilahan sampah TPA.

Meningkatnya jumlah sampah yang masuk TPA Tlekung mulai terjadi pada akhir tahun 2014. Pemasok besar sampah dari kawasan objek wisata maupun rumah makan. Selain itu juga pemukiman penduduk yang mulai peduli dengan kebersihan lingkungan.Selain meningkat, pada musim penghujan Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Pemkot Batu, mendapat tantangan baru. Sampah yang diambil dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS), harus transit terlebih dulu ke lokasi pemilahan. Sebab truk tidak bisa membawa sampah tersebut ke lokasi pembuangan sampah. Selain kondisi jalan tanjakan menuju ke lokasi pembuangan licin karena hujan, petugas pun takut jalan akan amblas. Mengingat di bawah jalan tersebut merupakan tumpukan sampah sebelumnya. Karena itu sampah pun harus turun di jalan menuju ke TPA.

Membuat TPA semakin terlihat kotor. Bau kurang sedap pun tercium karena terbawa air hujan. ”Musim hujan jalan sulit dilalui. Selain licin truk yang melintas ditumpukan sampah bisa ambles,” kata kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Pemkot Batu, Arif Setyawan. Karena itu, tahun 2015, pihak DCKTR akan mambangun jalan dari beton. Memudahkan truk pengangkut sampah bisa menuju ke sel pembuangan walau musim penghujan.  ”Sudah kami anggarkan untuk pembangunan jalan beton,” kata mantan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishukominfo) Pemkot Batu ini.

Sementara itu, Kasi Pengolahan Sampah DCKTR, Imron Suhudi menyebut tumpukan sampah di badan jalan TPA Tlekung pada musim hujan sebagai hal yang wajar. Karena jalan sangat licin. Sebab air dari sampah rawan membuat band truk tergelincir. ”Sudah sering terjadi setiap musim penghujan. Tetap setelah musim kemarau, sampah kami distribusikan ke sel,” kata Imron.

Kata Kunci :

  • sampah kota batu
  • penampungan sampah di kota blitar
  • tpa tlekung
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *