Tombol Back Macet Pada Android

Tombol-Back-Macet-Pada-Android

Berbicara mengenai ponsel android di pasaran pasti kebanyakan semuanya telah menggunakan ponsel layar sentuh tanpa adanya papan keyboard, termasuk tombol back sentuh yang memang didesain khusus didalamnya. Untuk saat ini memang jarang ponsel android yang masih menggunakan papan keyboard ponsel. Degan demikian kita lebih dimudahkan dan tinggal menyentuhnya saja apabila ingin menekan tombol back tersebut. Nah, biasanya karena seringnya penggunaan tombol tersebut justru yang terjadi adalah tombol back -nya macet atau menjadi tidak berfungsi semestinya. Selain itu biasanya yang dapat menjadi penyebab tombol back macet karena kurang sadarnya pengguna akan kesensitifitas-an ponsel yang memiliki teknologi layar sentuh, sehingga mereka dengan biasa meletakkan atau mengantongi ponsel yang dapat mengakibatkan goresan-goresan itu terjadi.

Namun tunggu dulu, anda tidak usah khawatir dengan hal tersebut karena pada artikel kali ini akan menjelaskan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasinya , simak berikut ini :

  • Memang sering terjadi permasalahan yang satu ini, namun jangan langsung panik dahulu. Cobalah untuk mematikan ponsel android anda dan setelah itu nyalakan kembali. Cara ini memang terbukti paling efektif untuk dilakukan. karena saat ponsel dimatikan otomatis semua aktifitas ponsel akan terhenti dan saat kembali dinyalakan semua fungsi ponsel termasuk semua tompolnya akan kembali bekerja normal hal ini sama seperti dilakukannya refresh hardware.
  • Apabila jari tangan anda berminyak atau berkeringat maka sebaiknya hindari dahulu menggunakan ponsel tersebut, karena jari yang berkingat atau bahkan basah memang dapat mengurangi daya sensitifitas pada tombol khususnya pada ponsel layar sentuh seperti Android. Jadi usahakan untuk mengeringkan dan mengelap jari tangan anda sampai kering dan tidak ada kotoran yang menempel kemudian setelah itu baru anda bisa menggunakannya untuk menyentuh tombol back seperti biasa.
  • Apabila masalah pada tombol back tersebut anda alami ketika sesudah mengganti ROM atau karena Karnel, maka sebaiknya lakukan pergantian ROM anda atau kernel dengan ROM lain yang lebih cocok pada ponsel android. Karena memang pada beberapa kasus yang ditemui tidak cociknya ROM maupun karnel pada ponsel android dapat menyebabkan permasalahan tersebut termasuk tidak bekerjanya tombol back alias macet.
  • Apabila tombol back anda bermasalah dan macet, maka sebaiknya dalam menekan tombol tersebut lebih pelan saja jangan terlalu keras. Biasanya memang saat tombol back macet justru yang dilakukan kebanyakan mencoba menekannya berulang-ulang dengan keras padahal hal itu tindakan yang salah. Jadi matikan dulu ponsel anda kemudian anda lap dengan menggunakan tisu atau bisa juga menambahkan 1 tetes minyak putih dalam pembersihannya.
  • Namun jika tombol back tersebut macet akibat ponsel anda mengalami benturan , nah ini berbeda lagi. Itu kemungkinan besar kerusakan yang terjadi memang disebabkan kerusakan hardwarenya. Maka sebaiknya anda bawa ponsel ke sevice center untuk mendapatkan perbaikan hardware. Karena dalam pembelian ponsel android biasanya juga terdapat kartu garansi yang untuk perbaikan ponsel, jadi tidak ada salahnya anda mencoba untuk menggunakannya.

Itulah tadi tips yang dapat anda lakukan apabila suatu saat tombol back pada ponsel android anda mengalami kerusakan (macet) . Namun yang perlu anda ingat bahwa tombol back sentuh memang lebih peka ketimbang model jenis tombol keyboard, jadi lebih berhati-hatilah dalam penggunaan. Semoga ini bermanfaat dan untuk lain waktu anda lebih siap dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Kata Kunci :

  • aplikasi tombol back android tanpa root

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *