Tokoh Penemu Gadget Pertama di Dunia

Menurut Wikipedia, Gadget (Bahasa Indonesia: acang) merupakan suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget Gratis dianggap dirancang secara berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya. Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya.
Penemu gadget pertama di dunia adalah seorang pria jenius namanya adalah Nathan Stubblefield. Jika dilihat dari segi disgen dan ukuran, ponsel pertama di dunia ini amat jauh berbeda sama ponsel masa kini, yang cukup kecil untuk menyelinap di saku dan dapat menghubungi hampir kemana saja di dunia ini. Tapi dari sini lah telepon nirkabel bermula. Sang pencipta sendiri, Nathan Stubblefield akhirnya diakui sebagai bapak teknologi telepon seluler tepat 100 tahun setelah ia mempatenkan desain tersebut untuk sebuah “telepon nirkabel”
Foto:Tokoh Penemu Gadget
Nathan Stubbefield sebenarnya hanyalah petani melon biasa yang sangat menyukai IPTEK bahkan dia telah menemukan radio sebelum Nikola Tesla atau Guglielmo Marcon tetapi radio yang dia temukan menggunakan frekuensi audio induksi, dikarenakan radio induksi menybabkan gangguan pada wilayah sekitarnya kalah popular dengan radio transmisi yang ditemukan oleh Nikola Tesla atau Guglielmo Marcon.
Pada tahun 1902 petani melon ini datang dengan penemuannya, setelah mengorbankan setiam jam menit dan detik demi untuk membuat jaringan telekomunikasi di kampung halamannya Murray, Kentucky. Note: Nathan Stubbefield menunjukan penemuannya (dapat dilihat tiang di tengah gambar)
Dia membangun 120 kaki tiang di kebun, yang dapat mentransfer percakapan dari satu telpon ke telpon yang lain dengan menggunakan medan magnet. Dia mendemonstrasikan temuannya di alun – alun kota pada hari tahun baru 1920. Pada tahun 1980 dia mematenkan telpon nirkabel versi baru untuk berkomunikasi dengan kendaraan bergerak. Sayangnya telepon nirkabel tidak sukses dalam masa hidupnya, dia meninggal dengan keadaan miskin pada tahun 1928.
Tapi sekarang dia telah diakui sebagai “Father of The Modern Mobile Phone” ,bahkan Virgin Mobile membuat page khusus untuk menandai ulang tahun temuan Nathan Stubbefield di website resmi nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *