Tips Optimalkan Performa Smartphone Tanpa Harus di Rooting

android

Rooting atau disebut pembebasan akses sistem operasi Android memang sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan performa dan potensi dari smartphone. Namun proses rooting juga dapat berpotensi perangkat smartphone rentang terhadap penyebaran virus, kehilangan garansi resmi, bahkan menyebabkan ponsel mati total.

Bagi pengguna yang belum mau smartphone kesayanganya di-root, ada beberapa tips bagaimana meningkatkan performa dari smartphone tanpa proses rooting. Meski tidak setara hasilnya dibanding smartphone yang telah di root, namun beberapa tips berikut patut dicoba.

 

  • Yang pertama restart atau hidupkan ulang smartphone secara berkala. Cara ini dapat membuat smartphone terasa lebih cepat dan tidak mudah lag. Karena dengan menghidupkan ulang atau restart, cache atau data sisa kegiatan online aplikasi akan terhapus.
  • Lihat kemampuan dari spesifikasi yang dibawa smartphone. Pilihlah aplikasi dan game yang direkomendasikan. dengan begitu aplikasi dan game yang dijalankan tidak akan memberatkan performa dari smartphone.
  • Selalu update OS Android atau ROM yang disediakan oleh pabrikan. dengan cara ini performa smartphone akan lebih baik dan juga stabil.
  • Instal aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan. menyesaki smartphone dengan berbagai aplikasi, secara otomatis akan banyak memori yang terpakai dan menyebabkan smartphone berjalan lambat.
  • Rutin update aplikasi Android. Para developer aplikasi pasti akan menerbitkan pembaruan pada aplikasi buatan mereka di Google Play. Dengan update aplikasi dapat memperbaiki bug atau kekurangan pada aplikasi tersebut. Bahkan beberapa aplikasi menyediakan fitur baru yang dapat mendongkrak performa dari smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *