Tips Ngeblog Untuk Anak Sekolah Dan Mahasiswa

Tips Ngeblog Untuk Anak Sekolah Dan Mahasiswa

Kegiatan blogging saat ini adalah sebuah aktivitas yang siapa saja bisa melakukannya. Kegiatan blogging bisa dilakukan oleh pekerja, karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa dan bahkan juga anak-anak sekolah pun juga bisa melakukannya. Kegiatan #blogging ini akan sangat menyita waktu Anda jika Anda tidak bisa menjalankannya secara efektif dan efisien. Terlebih bagi Anda yang menjalankan aktifitas blogging sebagai pekerjaan sampingan, maka Anda harus tetap mengutamakan kegiatan utama Anda.

Bagi Anda yang masih kuliah, atau masih sekolah, sudah seharusnya tetap mengutamakan pendidikan. Meski mungkin Anda nyambi juga dengan mengembangkan blog. Jika Anda saat ini tengah menjalani pendidikan, dan Anda juga tengah mengerjakan proyek blog, ada baiknya simak bebebrapa tips blogging untuk anak sekolah atau mahasiswa di bawah ini.

1. Disiplin Dalam Membagi Waktu

Karena Anda memiliki tanggung jawab lain sebagai seorang pelajar, maka Anda harus bisa disiplin dengan waktu. Jangan sampai kegiatan blogging Anda justru menjadi pengganggu kegiatan utama Anda sebagai seorang pelajar. Anda harus mampu membagi waktu dengan efektif dan efisien, Anda harus tetap belajar seperti pelajar yang lain. Tentukan waktu blogging Anda, usahakan itu di luar kegiatan belajar Anda sehingga tak mengganggu pelajaran Anda.

Lebih bagus lagi jika Anda membuat jadwal kapan harus belajar, dan kapan Anda menjalankan aktifitas blogging. Kalau Anda sudah memiliki jadwal, yang harus dilakukan kemudian adalah mematuhi jadwal yang Anda buat tersebut. Jangan sampai Anda melanggarnya, karena pasti akan mengacaukan semuanya, baik kegiatan belajar Anda maupun kegiatan blogging Anda.

2. Kurangi Waktu Main, Gunakan Untuk Blogging

Salah satu alternatif untuk membagi waktu ketika Anda ngeblog dan Anda masih aktif sebagai pelajar adalah dengan mengurangi waktu bermain Anda. Jika biasanya Anda selalu keluar untuk main bersama teman-teman, maka Anda bisa mengurangi hal itu. Gunakan waktu bermain dengan teman untuk menjalankan aktivitas blogging Anda. Ini agar waktu utama Anda tetap bisa untuk belajar pelajaran sekolah Anda.

3. Usahakan Bahasan Blog Bertema Pelajaran Sekolah

Nah, ini bisa dikatakan sambil menyelam minum air. Jadi usahakan blog yang Anda kerjakan membahas mengenai topik pelajaran yang ada di sekolah. Ini akan mempermudah Anda dalam mengerjakan blog, sekaligus Anda bisa kembali belajar mengenai pelajaran dari sekolah. Jadi ketika Anda mendapatkan materi dari guru di sekolah, Anda tinggal menyalin dan memberikan tambahan sedikit penjelasan kemudian di posting di blog Anda.

Jika Anda melakukan ini, maka ini juga merupakan nilai plus tersendiri. Anda sedikit banyak akan semakin paham dengan pelajaran dari sekolah, karena dengan memposting pelajaran tersebut, sama halnya Anda mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran di sekolah.

4. Manfaatkan Waktu Istirahat

Manfaatkan waktu istirahat Anda dengan baik. Jika ada jeda waktu istirahat di sekolah meski sedikit, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk blog Anda. Ya terserah Anda lah, bisa untuk posting, untuk membuat artikel, atau kegiatan blogging lainnya.

Intinya adalah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk kegiatan blogging. Namun jika tidak bisa, ya sebaiknya jangan dipaksakan, misalnya jika ada tugas yang harus diselesaikan dari sekolah, maka dahulukan tugas itu.

5. Maksimalkan Waktu Libur Untuk Blogging

Waktu liburan juga bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan blogging. Atau juga misalnya jika Anda mengisi waktu liburan untuk berwisata, maka itu bisa menjadi topik yang menarik untuk mengisi blog Anda. Selalu memaksimalkan waktu liburan Anda untuk blogging, agar tidak mengganggu kegiatan belajar Anda ketika aktif. Dengan cara ini, dimungkinkan bisa mengurangi kegiatan blogging Anda ketika kegiatan belajar di sekolah aktif kembali.

6. Istirahat Dulu Ketika Ada Ujian

Nah, ini sangat penting sekali untuk Anda sadari. Bagaimanapun juga Anda adalah seorang pelajar yang tentunya ada masa dimana harus menjalani ujian ataupun ulangan. Istirahatlah dahulu ketika jadwal Anda padat dengan ulangan dan ujian, Anda harus belajar terlebih dahulu untuk mempersiapkan ujian.

Ini juga bagus untuk sekedar refreshing dana melepaskan penat otak Anda dari kegiatan blogging. Nanti ketika ujian sudah selesai, Anda bisa kembali pada aktivitas blogging, tentunya dengan beragam ide yang baru lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *