Tips Menjaga Kesehatan Selama Berlibur

Tips menajaga kesehatan selama berlibur

Waktu liburan banyak digunakan orang untuk bersenang-senang. Berkumpul bersama keluarga, makan-makan sepuasnya, pergi ke tempat wisata, dan melakukan segudang kegiatan lainnya untuk memanjakan diri. Akhirnya, banyak orang yang percaya kalau saat liburan sulit untuk menerapkan pola hidup sehat.

Dokter Darria Long Gillespie mengatakan Anda bisa tetap hidup sehat selama liburan meski Anda tidak pergi ke gym sekalipun.

Bahkan menurut Darria, hidup sehat dapat dilakukan dengan mudah ketika Anda tidak terobsesi dan stres jika tidak melakukan pola hidup sehat.

Beberapa hal yang biasanya Anda lakukan saat liburan malah justru tanpa Anda sadari menyumbang nilai sehat yang tidak terduga. Dilansir dariHuffington Post, berikut beberapa aktivitas sehat yang Anda lakukan selama liburan, yang mungkin tidak disadari.

1. Menghabiskan waktu bersama orang terkasih menambah panjang umur Anda

Statistik menunjukkan bahwa mempunyai hubungan yang dengan orang-orang di sekitar Anda dan menghabiskan waktu bersama mereka secaa reguler dapat memperpanjang hidup hampir dua tahun.

Selain itu, berkumpul dengan orang-orang dekat juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Nikmatilah masa liburan dengan berkumpul bersama keluarga, saudara, dan orang-orang terdekat daripada harus stres memikirkan diet Anda. Hasilnya, tidak hanya tubuh yang menjadi sehat, tapi juga jiwa Anda.

2. Kembali jadi anak kecil

Ketika umur Anda enam tahun tentu Anda tidak peduli berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sebaliknya, saat liburan Anda justru sibuk berlarian, bermain, memanjat pohon tanpa mengkhawatirkan itu semua.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, saat liburan, bermainlah dengan anak atau anak dari kerabat Anda. Pergilah keluar dan lakukan aktivitas yang Anda inginkan, dengan begitu Anda akan memakan kalori lebih sedikit dari biasanya.

Menurut penelitian dari Cornell Food and Beand Lab tahun 2014, orang yang berjalan-jalan menikmati pemandangan mengelilingi danau, atau berjalan-jalan dengan tujuan kesenangan akan makan makanan penutup 35 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang berjalan dengan tujuan untuk berolahraga.

3. Manjakan diri Anda

Menghindari makanan dan melewatkan makan untuk menghindari kalori, menurut Darria, keduanya bisa mengakibatkan konsumsi kalori lebih banyak di kemudian waktu. Biarkan diri Anda untuk cheating dan Anda akan menyadari kalau tetap diet saat liburan tidak akan berguna.

4. Bernyanyi atau menari

Darria mengungkapkan, bernyanyi dapat menurunkan tingkat kecemasan dan depresi. Sementara menari dapat memperpanjang hidup dan memungkinkan mengurangi risiko penyakit alzheimer.

“Siapa sangka memanjakan diri, menari, dan berkumpul bersama orang-orang terbaik dalam hidup Anda dapat meningkatkan kesehatan. Fokuslah, dan Anda akan mendapatkan liburan yang tidak terlupakan dan itu baik untuk jiwa dan raga Anda,” kata Darria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *