Tips Mengatasi Masalah Pada BBM (Blackberry Messenger) di Android

BBM-Logo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

blackberry mesenger merupakan salah satu aplikasi terfavorit di dunia khususnya di tanah air sendiri. Meskipun banyak bermunculan aplikasi pesan instan serupa seperti WeChat, WhatsApp dan lain sebagainya, BlackBerry Messenger masih menjadi aplikasi pesan instan terbanyak digunakan.

Blackberry Messenger saat ini telah hadir pada perangkat pintar berbasis Android, iOs, dan Windows phone. Namun banyak berbagai permasalahan yang kerap timbul pada aplikasi BBM seperti, display picture BBM atau disebut juga dengan DP BBM yang sering tidak muncul dan masalah berkirim pesan yang sering kali pending di perangkat berbasis Android.

Cara keja berkiriman pesan pada BBM sendiri melewati 4 tempat terlebih dahulu sebelum akhirnya diterima oleh pihak penerima pesan. Pesan singkat BBM yang dikirim awalnya akan diterima oleh jaringan milik operator lokal dan kemudian dikirim kembali dengan jenis file enkripsi ke server penampung. untuk sampai ke server pusat, maka data yang telah dienkripsi tadi akan menggunakan jaringan internet dan melalui scanning firewall terlebih dahulu. Setelah data tersebut masuk ke server, maka data enkripsi tersebut akan dikirim langsung ke penerima dalam bentuk deskripsi.

Keamanan super ketat pada aplikasi BBM dilakukan oleh Blackberry untuk menjaga kerahasiaan penggunanya. Oleh karena itu terkadang terdapat kendala dalam mengirim atau menerima pesan singkat BBM yang disebabkan juga oleh masalah jaringan operator, masalah pada jaringan internet, sampai server BBM yang bermasalah dan masalah-masalah lainya.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, pengguna dapat melakukan beberapa hal seperti memperbaharui atau me-refresh data yang akan dikirim. Pengguna juga dapat menerapkan langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

  • Hidupkan mode Airplane.
  • Hilangkan proxy di APN.
    Hilangkan proxy tersebut dengan cara masuk ke menu Settings > Cellular Network > Access Point Names > Tap pada salah satu APN provider > terakhir hilangkan proxy dan port jika ada, lalu simpan.
  • Force stop aplikasi BBM dengan cara ke menu Settings > App > Download > Cari BlackBerry Messenger > Tap pada Force Close (paksa berhenti). Lalu buka kembali aplikasi BBM.
  • Restart perangkat Android.
    Jika mengalami masalah dari sisi operator selular. Pengguna dapat mencoba menggunakan koneksi data melalui Wi-Fi untuk mencoba mengirim data kembali ke server BBM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *