TIPS MENABUNG BAGI KITA YANG BERPENGHASILAN 2 JUTA KEBAWAH

money

¬†Semua orang mengetahui bahwa menabung adalah sebuah hal yang sangat bermanfaat bagi hidup. Akan tetapi tidak banyak yang bisa melakukannya oleh sebab berbagai macam alasan. Alasan yang paling sering muncul adalah karena penghasilan yang pas-pasan yang habis untuk memenuhi kebutuhan pribadi sehingga tidak ada sisa untuk ditabung.Langsung aja kita simak tipsnya….

1. Miliki Dua Rekening Tabungan Atau Lebih

Kenapa memiliki dua rekening tabungan dapat membantu Anda menabung? Anda bisa mengakali keinginan Anda untuk berbelanja dengan menggunakan dua rekening tabungan. Rekening tabungan yang pertama dan yang utama bisa Anda gunakan untuk menerima gaji dan melakukan bermacam-macam transaksi. Untuk yang kedua, usahakan bank yang Anda gunakan tidak menarik potongan, dan juga jangan membuat kartu ATM untuk rekening tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menghindari keinginan untuk menghabiskan uang yang Anda miliki.

2. Buat Anggaran Pribadi

Buatlah rencana keuangan Anda pribadi. Misalnya, belanjakan uang Anda hanya 50% dari total gaji. Besarnya nominal tersebut dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Nominal tersebut tidak perlu besar, yang terpenting adalah Anda rutin menabung uang Anda. Boleh saja Anda menyisihkan sebanyak 10% dari gaji Anda, asal jangan pernah membelanjakan uang tabungan Anda kecuali untuk keadaan yang sifatnya darurat.

3. Daftarkan Diri dalam Asuransi Kelas Menengah

Asuransikan kesehatan Anda dengan asuransi kelas menengah. Selain uang yang harus Anda setorkan setiap bulannya tidak terlalu besar, Anda juga bisa terhindar dari tagihan Rumah Sakit yang besar ketika Anda sakit. Kemudian, pilih produk asuransi yang memperbolehkan Anda mendapatkan kembali uang Anda ketika Anda tidak mengajukan klaim dalam waktu tertentu karena hal tersebut juga termasuk ke dalam kegiatan menabung dan mau tak mau Anda harus membayar tabungan Anda sendiri tiap bulannya.

4. Adakan Arisan Bersama Teman

Berkumpul bersama teman akan menjadi lebih bermanfaat ketika Anda dan teman-teman Anda mengadakan arisan karena arisan masih merupakan bagian dari menabung. Tentukan berapa nominal iuran sesuai dengan kemampuan Anda dan pastikan sistem arisan yang kalian adakan jelas.

5. Investasi Kecil-Kecilan

Investasi adalah hal yang akan sangat membantu Anda di kemudian hari. Bagi Anda yang memiliki penghasilan di bawah dua juta pun masih bisa melakukan investasi dengan berinvestasi emas. Selain harganya yang relatif stabil, pembayaran emas dengan cara mencicil adalah sebuah kemudahan yang sayang sekali untuk dilewatkan.

6. Hindari Kartu Kredit

Memang benar kartu kredit memberikan banyak keuntungan bagi para pemegangnya. Tetapi faktanya, kartu kredit lebih sering membuat penggunanya terbawa suasana dan membeli barang-barang yang mungkin tidak terlalu bermanfaat. Berbelanja menggunakan kartu kredit sama saja dengan berbelanja menggunakan uang yang tidak Anda miliki, dan hal tersebut bukanlah hal yang baik bagi Anda.

7. Ubah Kebiasaan

Bagi Anda yang masih sering melakukan kegiatan berkumpul bersama teman-teman, sebisa mungkin kurangi kebiasaan tersebut, atau Anda tetap bisa berkumpul dengan teman-teman Anda namun dengan interval waktu yang cukup lama. Dan ketika Anda akan berkumpul, Anda bisa memeriksa via internet tempat mana yang sedang mengadakan promo atau memberikan potongan harga pada pelanggannya.

8. Buat Skala Prioritas Belanja Bulanan

Tidak jauh berbeda dengan poin nomor dua. Membuat skala prioritas akan sangat membantu Anda mengendalikan pengeluaran setiap bulannya. Anda bisa menetapkan, pada awal bulan, mengenai apa saja yang harus dibeli untuk satu bulan ke depan. Kemudian, simpan setiap bukti belanja atau struk Anda agar Anda tetap dapat mengendalikan keuangan Anda dan Anda akan menjadi lebih disiplin dalam menggunakan uang Anda.

 

Kata Kunci :

  • hobi menabung
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *