Tips Meletakkan Unsur Air dalam Rumah

Air Pancuran

Banyak orang yang mengetahui tentang feng shui akan menolak menempatkan unsur air secara sembarangan di dalam rumah. Pasalnya, penempatan yang salah akan membawa hal buruk, seperti masalah keharmonisan rumah tangga.

Lantas, bagaimana penempatan Water Featureseperti kolam, akuarium, atau air mancur—yang baik dan bisa memberikan rezeki?

Prinsip yang digunakan dalam penempatan unsur Air dalam rumah adalah Teori Fei Xing (Bintang Terbang) atau dikenal dengan Teori Jiu Xing (Sembilan Bintang). Dalam teori ini dikemukakan, bahwa pola penyebaran energi Chi di dalam rumah ditentukan arah hadap pintu Ming Tang (Pintu Utama yang memiliki hall/foyer).

Arah hadap bangunan, menurut Teori Fei Xing sebagai berikut: Setiap arah mata angin yang ada delapan (Utara, Timur Laut, Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, dan Barat Laut) masing-masing terbagi tiga, sehingga terbentuk 24 arah yang dinamakan 24 kedudukan Gunung.  Jadi terdapat 24 Pola Fei Xing untuk setiap arah hadap tersebut.

Energi-energi yang terjadi dalam setiap sektor ada tiga, yaitu Bintang Dasar, Bintang Hadap (Siang Sin) atau Bintang Air, dan Bintang Duduk (Chor Sin) atau Bintang Gunung. Dua Bintang terakhir inilah yang memainkan peranan penting dalam Teori Fei Xing.

Bintang Duduk terletak di sebelah Kiri, sedangkan Bintang Hadap terletak di sebelah Kanan. Bintang Hadap terkait dengan kemakmuran, sedangkan Bintang Duduk terkait dengan masalah sosial, yaitu hubungan antar-penghuni yang membentuk keharmonisan.

Ada sembilan Bintang (Jiu Xing) yang dikenal, yaitu Bintang 1 (Tan Lang Xing), Bintang 2 (Ju Men Xing), Bintang 3 (Lu Cun Xing), Bintang 4 (Wen Cu Xing), Bintang 5 (Wu Huang), Bintang-6 (Wu Cu Xing), Bintang 7 (Po Jun Xing), Bintang 8 (Zuo Fu Xing), dan Bintang 9 (You Bi Xing).

Diantara sembilan Bintang tersebut yang paling penting memberikan Pengaruh Positif, adalah Bintang 1, Bintang 6, Bintang 8, dan Bintang 9. Bintang-bintang yang buruk adalah Bintang 2 dan bintang 5.

Pada prinsipnya, jika Bintang Hadap (Air) yang baik diletakkan elemen Water Feature pada rumah, maka efeknya sangat baik. Sebaliknya, jika meletakkan Water Feature itu pada sektor dengan Bintang Buruk (Bintang-2 dan atau Bintang-5), maka pengaruh buruknya ikut bekerja.

Bagaimana kita mengetahui dimana letak bintang-bintang tersebut? Berikut ini tabel Pola Penyebaran Bintang menurut arah hadap pintu masuk, dan posisi penempatan Water Feature yang baik dalam rumah:

Kata Kunci :

  • feng shui aquarium dalam rumah
  • feng shui kolam ikan dalam rumah
  • letak aquarium menurut fengshui
  • letak kolam ikan menurut feng shui
  • feng shui air mancur
  • penempatan akuarium menurut feng shui
  • kolam ikan didalam rumah menurut fengshui
  • fengshui air
  • letak akuarium menurut fengshui
  • letak akuarium menurut feng shui
Suka blusukan

1 Comment

  1. Kama Nugraha

    November 3, 2015 at 8:24 am

    Wow, lengkap ya tipsnya, terimakasih loh ya, memang ini yang ane butuhin nih untuk bikin air mancur gitu di taman rumah :)
    Karena ane bacadimari >> http://www.popeti.com/berita/tips/alasan-mengapa-elemen-air-di-rumah-sangat-penting/ , emang unsur air itu salah satu elemen penting sebenernya untuk di taro di rumah. Thanks ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *