TIPS DAN REFERENSI STREET FOTOGRAFI

TIPS DAN REFERENSI STREET FOTOGRAFI

Memotret tidak hanya di dalam sebuah studio foto, ruang terbuka atau biasa kamu kenal dengan street photography juga bisa menjadi alternatif pilihan kamu. Namun, ruang terbuka yang dimaksud bukan sebatas jalanan saja. Namun juga seperti pusat perbelanjaan, tempat nongkrong favorit kamu, pasar, atau taman. Jenis fotografi yang lebih mengutamakan subjek ini merupakan jenis fotografi yang apa adanya sehingga terlihat seperti kehidupan masyarakat dalam sehari-hari. Subjek yang dimaksud bukan sekadar orang saja, tetapi juga bisa suatu peristiwa, cuaca, bayangan, dan lain-lain. Kamu ingin mencoba street fotografi? Sebaiknya simak beberapa tips sebelum bertempur dengan kameramu.

1.      Sebelum kamu menemukan subjek yang akan difoto, jika itu adalah manusia sebaiknya kamu jangan berdebat saat mereka tak mau fotonya diambil. Sopan dan hormati permintaan mereka dan perlihatkan foto jika mereka ingin melihat.

2.      Pilih waktu pada pagi atau siang hari dengan menggunakan cahaya alami.

3.      Sebelum mencoba street fotografi, ada baiknya untuk mempelajari arah matahari karena akan memberikan bayangan yang indah pada jam-jam tertentu.

4.      Kamu tak harus melulu memotret cuaca yang cerah, hunting saat cuaca gelap sebelum hujan juga akan menghasilkan foto yang bagus pula.

5.      Tak hanya tentang orang, papan reklame, tiang listrik, sepeda, bayangan juga menjadi objek yang menarik pada street fotografi.

6.      Terakhir adalah terus berlatih dan jangan pernah putus asa. Dan pergilah saat suasana hatimu sedang baik.

Berikut contoh street fotografi sebagai bahan referensimu.

a.       Rufus Mangrove

Rufus Mangrove

b.      Faisal Almalki

Faisal Almalki

c.       Marji Lang

Marji Lang

d.      Marvin Greenbaum

Marvin Greenbaum

e.       James Yeung

James Yeung

Kata Kunci :

  • contoh tempat street fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *