Tips dan Cara Membuat Foto Siluet Asli dari Kamera

Tips dan Cara Membuat Foto Siluet Asli dari Kamera

Siluet sering kali terlihat indah meski Anda tidak akan mengetahui bagaimana tekstur asli dari objek tersebut. Saat ini Siluet menjadi salah satu genre fotografi yang cukup populer. Namun sudah tahukah Anda mengenai tips dan cara membuat foto Siluet asli dari kamera tanpa editing?

Pada dasarnya, lensa kamera hampir mirip dengan mata kita. Ketika ada perbedaan yang signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan background, disitulah kemungkinan besar terjadi efek Siluet. Atau sederhananya, ketika Anda melihat ke bagian depan dan melihat cahaya yang besar ke arah Anda dan tidak ada cahaya yang menuju ke depan, dan ada suatu objek didepan Anda maka disitulah akan terjadi efek Siluet.

Jadi guna menghasilkan Siluet yang sempurna, cahaya dari bagian belakang objek haruslah terang sehingga objek hanya berwarna hitam gelap saja. Meski demikian tidak semua orang menginginkan Siluet yang sempurna, tergantung keinginan. Sayangnya, saat ini banyak orang yang membuat foto Siluet buatan dengan olah digital atau bisa dikatakan bukan asli hasil dari ‘jepretan’ kamera. Nah, pada artikel dibawah ini Paseban akan memberi tips dan cara mudah membuat foto Siluet asli dari kamera, apapun kamera Anda baik itu DSLR, Poket, Ponsel dan lain-lain. Simak selengkapnya cara membuat foto Siluet di bawah ini:

 

    • Waktu yang Tepat Menentukan Hasil

 

 

Percayakah Anda bahwa saat Sunrise dan Sunset adalah momen terbaik dan ditunggu-tunggu oleh para fotografer? Selain dapat menampilkan keindahan langit dan matahari, ternyata Sunrise dan Sunset bisa Anda manfaatkan untuk membuat foto Siluet. Pada momen tersebut, matahari berada dibagian sekitar garis cakrawala atau sedikit diatas garis cakrawala di bagian timur (Sunrise) dan dibagian barat (Sunset).

Dalam bahasa fotografi momen tersebut sering disebut Golden Hour dan cahaya matahari yang kuat mampu memberikan efek Siluet pada objek foto kita. Itulah mengapa ketika Anda mencari foto Siluet di Google sebagian besar dilakukan pada sore hari. Jadi tips yang pertama, Anda sebaiknya memotret pada pagi atau sore hari.

 

    • Tempatkan Objek di Depan Cahaya

 

 

Tips ini sudah tentu menjadi tips dasar membuat foto Siluet. Dengan menempatkan objek tepat didepan (sekitar) cahaya akan membuat objek tersebut gelap. Jika sebaliknya, maka bukan Siluet yang akan didapat, melainkan foto biasa dengan objek yang terlihat.

 

    • Siluet Tidak Memerlukan Flash

 

 

Simpan flash eksternal Anda atau tutup segera built In flash pada kamera, Anda tidak membutuhkannya. Dengan menggunakan flash hanya akan membuat objek menjadi terang dan akhirnya tidak menimbulkan efek Siluet.

 

    • Bentuk Objek Harus Jelas dan Menarik

 

 

Dengan gelapnya objek, maka orang akan mengetahui Siluet tersebut dari bentuknya. Namun jika bentuknya tidak terlihat jelas, maka Siluet tersebut menjadi kurang menarik. Sering kali foto Siluet manusia menarik bila dipadukan dengan gaya Levitasi atau melompat, maupun orang yang sedang terlihat melakukan aktivitas dengan jelas. Tidak harus selalu manusia, Anda bisa mengeksplore dengan berbagai objek seperti binatang, bangunan, pohon, menara dan berbagai benda dengan bentuk yang jelas. Tentu saja disini ide dan imajinasi Anda dibutuhkan, bukan hanya mengandalkan teknik.

 

    • Pengaturan Segitiga Fotografi

 

 

Siluet sepertinya memang lebih bagus dengan ketajaman frame menyeluruh. Anda tidak butuh bokeh dan efek-efek lain yang membuat foto tidak bagus. Pengaturan bukaan bisa tetapkan pada angka f/8, f/10 atau seterusnya tergantung dengan situasi dan kondisi.

Selain itu, jika objek sedang melakukan gerakan maupun melakukan Levitasi dan lompatan, pastikan Anda menggunakan kecepatan rana tinggi. Angka 1/160 S, 1/200 S,atau jika memungkinkan sampai 1/1000 S detik agar lebih freeze selama pencahayaan masih memungkinkan. ISO tinggi tidak perlu karena kekuatan cahaya dari background sudah cukup dan objek tidak memerlukan penerangan. Penggunaan mode Manual direkomendasikan, namun Aperture Priority dan Shutter Priority juga bisa dipakai selama flash dimatikan.

 

    • Gunakan Cahaya Buatan

 

Selain memanfaatkan cahaya kuat dari matahari, Anda juga bisa membuat Siluet dengan memanfaatkan flash. Benarkah? bukankah diatas sudah dijelaskan bahwa flash tidak perlu digunakan. Jika flash yang dihadapkan ke arah objek sudah pasti dilarang, namun jika ditempatkan pada belakang objek tentu saja bisa. Anda bisa menggunakan teknik Strobist (flash off kamera), yakni penggunaan lampu kilat tanpa terpadang pada kamera.

Cara menggunakan adalah dengan flash eksternal yang ditempatkan pada belakang objek. Tentu perangkat trigger dibutuhkan sebagai pemicu flash saat Shutter ditekan. Siluet dengan lampu kilat biasanya akan membuat pinggiran objek menyala tajam. Demikian beberapa tips dasar membuat foto Siluet. Terus mencoba dan jangan takut untuk gagal.

Kata Kunci :

  • foto siluet asli
  • gambar siluet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *