Tips Android Yang Bermanfaat Untuk Merawat Gadget

cara merawat android

Berikut ini ada beberapa tips Android yang bisa langsung Anda praktekkan pada gadget Android yang Anda miliki :

    1. Reboot smartphone Android saat dirasakan performanya mulai menurun. Sistem operasi Android juga memiliki cara kerja yang mirip dengan sistem operasi pada PC yaitu menggunakan memory dan juga file temporary dalam menjalankan berbagai aplikasi. Jika sudah terlalu banyak memory yang digunakan atau file “sampah” yang menumpuk, maka kinerja gadget Android juga akan menurun. Tips Android yang bisa Anda lakukan adalah melakukan rebooting atau merestart perangkat.
    2. Matikan fitur Auto Sync atau sinkronisasi otomatis. Mematikan fitur ini terutama sangat penting dilakukan pada beberapa perangkat Android kelas low-end karena bisa membuat performa menjadi lambat. Proses sinkronisasi data dengan server Google yang berjalan di background kerap membutuhkan cukup banyak memori. Cara mematikannya adalah melalui menu Setting > Account and Sync kemudian matikan “Background data” dan “Auto Sync”.
    3. Pilihlah aplikasi yang bisa diinstal pada SD card dan bukan pada memori internal. Hal ini akan mengurangi penggunaan memori internal sehingga tidak membuat performa menjadi lambat. Karena memori internal juga dipakai oleh sistem Android untuk menyimpan beberapa data dalam menjalankan sebuah aplikasi.
    4. Matikan Bluetooth, WiFi dan Data saat tidak diperlukan. Sistem operasi Android memang sangat identik dengan koneksi internet, namun jika tidak sedang digunakan sebaiknya Anda mematikan WiFi dan Data karena sangat banyak membutuhkan tenaga baterai. Begitu juga dengan Bluetooth, apabila tidak digunakan harus dimatikan agar bisa lebih menghemat baterai.

Beberapa tips Android bisa langsung Anda praktekkan agar dalam penggunaan berbagai perangkat berbasis Android bisa lebih nyaman dan membuat kinerja perangkat tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *