Tips AMD, NVIDIA, Intel: Optimalkan Kinerja VGA Anda dengan Driver Terkini!

Tips optimalkan kinerja vga

Sekencang apapun dan sebesar apapun horse power yang dimiliki dari suatu kendaraan, tentu saja tidak akan bisa berjalan mulus jika pengendara dari mobil tersebut tidak bisa meng-handle kendaraannya dengan baik, hal yang sama berlaku juga untuk setiap hardware PC yang Anda miliki, khususnya dalam topik kali ini adalah graphics card atau biasa disebut juga dengan VGA (Video Graphics Adapter). Setiap graphics card yang dijual dipasaran selalu dilengkapi dengan sebuah driver yang pada umumnya merupakan driver yang disediakan saat tanggal rilis dari graphics card tersebut, dan kemungkinan besar driver yang disediakan tersebut sudah tertinggal dan tidaklah aktual.

Tips optimalkan kinerja vga

Percaya atau tidak, masih sangat banyak sekali pengguna PC yang cukup awam, mereka tidak melakukan update driver hardware yang mereka miliki sejak pertama kali PC itu dibeli dan menggunakannya bertahun-tahun tanpa menyadari bahwa “diluar sana” terdapat sebuah solusi sederhana yang dapat meningkatkan kinerja hardware dari PC yang dimilikinya. Seperti salah satu pengalaman penulis yang pernah melihat beberapa pengguna PC Desktop maupun laptop disuatu instansi yang hanya menggunakan driver generic (bawaan Windows), bahkan resolusi layar monitornya pun berjalan bukan pada resolusi native-nya, namun mereka tampak santai saja menggunakan PC tersebut sehari-hari dengan driver yang “cacat”, hingga suatu hari penulis bawakan driver terbaru untuk PC-nya dan mereka pun terkagum-kagum melihat kinerja PC-nya yang meningkat drastis. “Gambarnya jadi jernih ya?” ucap pengguna awam tersebut yang baru melihat resolusi layar monitornya berjalan pada resolusi native.

Cukup dengan meng-update driver terbaru, dipastikan performa hardware PC Anda akan berada dalam kondisi paling optimalnya untuk menjalankan berbagai program maupun game terbaru. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan beberapa link untuk men-download driver graphics card terbaru dan juga sedikit tips agar kinerja yang dimilikinya berada pada kondisi paling optimal.

amd radeon hd 7950

Graphics card dan prosesor dari “kubu merah” yang satu ini cukup diakui masih memiliki banyak fans yang sangat “loyal” di Indonesia, bahkan beberapa diantaranya termasuk sebagai kategori die hard fans atau biasa disebut “fanboy” yang rela “berjihad” membela hingga tetes darah terakhir untuk brand kebanggaannya ini. Tentu saja loyalitas yang diberikan para fans AMD ini bukan tanpa alasan, menurut pengakuan mereka produk AMD selalu menghadirkan solusi terjangkau bagi para penggunanya, well untuk beberapa kasus seperti AMD APU “Trinity” penulis sangat setuju dengan statemen tersebut.

Walaupun sempat “dibombardir” oleh berbagai produk graphics card terbaru NVIDIA, AMD masih mencoba bertahan untuk tetap eksis dipasaran dengan melakukan strategi Price Cut pada beberapa jajaran graphics card mainstream keatasnya. Selain menawarkan potongan harga, AMD juga masih memiliki “senjata rahasia” lainnya yaitu dengan menghadirkan Driver Catalyst terbaru yang mereka sebut Never Settle Driver (Catalyst 12.11 Beta). Driver ini diklaim mampu memberikan peningkatan performa pada beberapa graphics card Radeon HD 7000 series hingga 20% dari driver Catalyst yang lama. Bahkan beberapa pengujian yang sebelumnya menunjukkan bahwa graphics card NVIDIA lebih unggul, kali ini dapat dibalikan keadaannya dengan driver Catalyst ini.

Forceware (NVIDIA GeForce)

nvidia gforce

Walaupun harus menunggu cukup lama antara jeda perilisan Kepler G104 (GTX 680/670) dengan Kepler yang lebih terjangkau (GTX 660 – GTX 650 series), tetapi NVIDIA  berhasil memberikan hasil yang terbaik untuk para penggunanya yang setia dalam menunggu kehadiran jajaran Kepler terbarunya ini. NVIDIA langsung menggeser dominasi AMD yang telah terlebih dahulu merilis jajaran graphics card 28nm-nya, NVIDIA mampu mengungguli AMD baik dari segi performa, efisiensi daya, dan juga value yang ditawarkan, yang memaksa AMD untuk menyesuaikan harga jual produk graphics card-nya .

Tidak ingin kalah dengan AMD yang merilis driver Catalyst “Never Settle”-nya, NVIDIA tidak lama juga langsung merilis Forceware 310.70 terbarunya yang diklaim dapat memberikan peningkatan kinerja signifikan pada jajaran graphics card GTX 600 series miliknya. Berbeda dengan AMD yang sampai saat ini driver Catalyst-nya masih dalam tahap Beta, Forceware 310.70 milik NVIDIA ini tanpa memerlukan waktu yang cukup lama langsung mendapatkan versi finalnya WHQL (Windows Hardware Quality Labs) yang mendapatkan jaminan kestabilan.

Intel HD Graphics

intel HD Graphic

Walaupun berbeda kelas dengan AMD dan NVIDIA yang menyediakan solusi graphics card terpisah (discrete) yang jauh lebih bertenaga untuk bermain game, Intel yang selama ini hanya berkonsentrasi pada bidang CPU-nya  kini mulai mengerjakan cukup serius untuk menggarap graphics adapter terintegrasinya yang sejak beberapa generasi terakhirnya sudah mulai diintegrasikan didalam prosesor (System on Chip/SoC) Core i seriesnya. Terlihat peningkatan kinerja yang sangat signifikan dari tiap generasi HD graphics milik Intel ini, bahkan dikabarkan pada generasi Core i selanjutnya (Haswell) Intel akan memberikan solusi graphics terintegrasi yang jauh lebih kencang dari Intel HD graphics saat ini.

Tidak seperti AMD dan NVIDIA yang berlomba-lomba untuk menyediakan driver paling terbarunya, Intel untuk saat ini tidak terlalu sering meng-update driver library untuk graphics adapter terintegrasinya, karena memang konsep solusi Intel HD graphics ini bukan (belum) solusi ideal untuk bermain game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *