TIKET BUS NAIK SIAP-SIAP MEROGOH KOCEK LEBIH DALAM

bus

Warga Kota Malang yang ingin mudik ke kampung halamannya menggunakan armada bus eksekutifatau Ekomomi harus bersiap-siap merogoh kocek lebih dalam. Ini karena tidak ada aturan pemerintah atau pun aturan daerah yang mengatur harga tiket bus kelas satu itu.

Wakil Kepala UPT Terminal Arjosari Agus Ruskandi mengatakan harga tiket bus eksekutif diserahkan kepada perusahaan otobus (PO) masing-masing. Karena tidak ada peraturan pembatasan tarif bus kelas eksekutif, maka beberapa PO pun menaikkan tarifnya demi meraih laba.

PO Rosalia misalnya, harga tiket untuk trayek Malang-Purwokerto yang pada hari-hari biasa hanya Rp 135 ribu, kini naik menjadi Rp 215 ribu. Tarif trayek Malang-Pekalongan naik dari Rp 160 ribu menjadi Rp 260 ribu. Tarif trayek Malang-Jogjakarta dari semula Rp 90 ribu naik menjadi Rp 170 ribu. Dan tarif trayek Malang-Solo naik dari Rp 105 ribu menjadi Rp 140 ribu.

Namun, kenaikan tarif itu diakui pihak PO Rosalia tidak menurunkan angka penjualan tiket mereka. Agen PO Rosalia Sokeh menyatakan tiket mereka selalu ludes tiap harinya. “Minimal harus pesan tiga hari sebelumnya Mas. Karena permintaan cukup ramai jelang Lebaran seperti ini,” ucap Sokeh.

Hal senada diungkapkan pula oleh Agen PO Nusantara Bunga. PO yang biasa mengurusi trayek Malang-Semarang ini mengaku tiketnya cepat sekali habis. ”Malang-Semarang naik dari 100 ribu menjadi 180 ribu, tapi penumpang banyak sekali yang beli. Minimal dua hari sebelum pemberangkatan harus sudah pesan,” tegas Bunga, agen PO Nusantara Bunga.

Seperti diketahui, harga yang diatur hanyalah tarif jarak batas atas dan tarif jarak batas bawah bus antar kota antar provinsi (AKAP) kelas ekonomi, yang diatur oleh Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat dengan No. SK.4409/PN.301/DRJD/2013. Dan, tarif bus antarkota dalam provinsi (AKDP) kelas ekonomi yang diatur oleh Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 46 tahun 2013.

Kata Kunci :

  • harga tiket bus ramayana lebaran 2015
  • harga tiket bus nusantara 2015
  • DP bus ramayana
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *