TIGA APLIKASI DI HANDPHONE INI COCOK MENEMANI DI PERJALANAN ANDA

smartphone

Jika dulu orang lebih banyak memanfaatkan waktu di perjalanan dengan tidur, kini mereka bisa menggunakan smartphone nya untuk menghabiskan waktu dan membunuh waktu selama di perjalanan. Aplikasi navigasi sangat membantu dalam perjalanan mudik. Pengguna dapat menggunakan Google Maps untuk mengetahui arah tujuan. Tidak hanya itu, aplikasi Google Maps untuk Android juga dilengkapi dengan informasi penting.

1. GOOGLE MAPS

Diantaranya, pengguna akan mengetahui cuaca di tempat yang sedang mereka tuju dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat tujuan. Google Maps versi terbaru juga memanjakan pengguna dengan beberapa fakta mengenai tempat tujuan, seperti tempat makan di sekitar lokasi tujuan yang dilengkapi dengan foto-foto menu makanan, ‘penampakan’ restoran dan juga review restoran tersebut.

Selain Google Maps, aplikasi navigasi Waze juga mampu membantu melancarakan perjalanan mudik. Dengan keunggulannya dalam mengetahui situasi kemacetan, pengguna dapat memanfaatkannya untuk memilih alternatif jalan. Pengguna juga bisa meninggalkan informasi mengenai penyebab sumbatan jalan atau kemacetan sehingga pengguna lain bisa memakai rute alternatif daripada ikut terjebak macet. Fitur “sumbang info” ini merupakan salah satu kelebihan Waze dibanding Google Maps.

Waze sendiri merupakan sebuah piranti lunak navigasi gratis untuk perangkat telepon genggam dan Tablet PC yang memiliki GPS. Saat ini Waze mendukung perangkat dengan iOS (iPhone/iPad), Android, Windows Mobile, Symbian dan BlackBerry. Berbeda dengan piranti lunak navigasi umumnya, Waze memberikan informasi dan peta berdasarkan masukan komunitas pemakainya.

Informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, polisi, bahaya berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya. Pengguna Waze yang juga disebut wazers juga bisa melakukan pemutakhiran peta, pemberian nomor rumah/bangunan, penandaan lokasi secara pribadi dan langsung.

2. APLIKASI FLASHLIGHT

Saat dalam perjalanan, terutama pada malam hari, aplikasi flashlight mampu menggantikan kerja senter untuk penerangan. Berbagai pilihan aplikasi flashlight ditawarkan di app store dan play store, antara lain Torch, Light-LED Flashlight dan Flashlight.

3. APLIKASI MUSIK 

Meski tidak berfungsi dalam membantu melancarkan perjalanan mudik, namun aplikasi musik dapat menemani Anda dan mengusir rasa bosan saat diperjalanan.

SoundCloud, menjadi salah satu pilihan aplikasi layanan streaming musik, di samping SoundHound, dan yang terbaru Apple Music. Apple resmi mengumumkan layanan musik streaming Apple Music dalam konferensi pengembang Worldwide Developers Conference di San Franciso, bulan lalu.

Apple Music juga dilengkapi fitur Connect yang memungkinkan para artis untuk mengunggah musik, video atau foto mereka yang dapat secara langsung dinikmati oleh para penggemar mereka. Hal itu membut Apple Music berbeda dari para pesaingnya. Fitur tersebut menciptakan koneksi yang lebih langsung antara artis dan penggemar. Melalui fitur Connect, penggemar juga dapat “mengikuti” artis ala Twitter, untuk mengetahui hal-hal baru yang sedang dikerjakan idola mereka.

Selain Apple Music, layanan musik streaming Guvera juga dapat menjadi pilihan lain. Tidak hanya secara online, layanan musik tersebut juga dapat dinikmati secara offline. Baru-baru ini, dalam rangka menyambut Idul Fitri, aplikasi musik Guvera merilis playlist “Happy Idul Fitri” untuk menemani perjalanan mudik. Sebelumnya, Guvera juga telah meluncurkan playlist Ramadan “Ramadan Datang” yang berisi kumpulan 77 lagu dari penyanyi populer Indonesia diantaranya Bimbo, Opick dan Gita Gutawa.

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *