TERJADI KETEGANGAN SAAT PERHITUNGAN DI PPK SINGOSARI

PERHITUNGAN

SINGOSARI- Perhitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Singosari rawan ricuh. Pasalnya, ada perbedaan total suara saat perhitungan sampai di Desa Losari pada Minggu (13/4) malam. Sehingga perhitungan suara dihentikan daan dilanjutkan Senin (14/4) kemarin.
Ketua PPK Singosari Hilmi Naswan mengatakan, perbedaan jumlah suara seperti tertera pada formulir D1 atau formulir perolehan suara parpol dan caleg.
“Jumlahnya sama hanya salah tulis. Yang sebenarnya jumlah 358 suara, tapi yang tertera pada form D1 salah tulis yakni 258 suara,” ujarnya kepada Malang Post kemarin.
Sehingga, dia meminta agar perhitungan dilanjutkan kemarin. Karena situasi seamakin panas dan para saksi sudah mulai kelelahan. Sedangkan perhitungan lanjutan pada hari kemarin, berlangsung cukup menegangkan. Setelah kehadiran petugas kopolisian Polres Malang yang diterjukan ke tempat tersebut sebanyak satu truk.
Bahkan dalam perhitungan lanjutan tersebut, diawasi langsung oleh Pimpinan Divisi Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Pemilu Panwaslu Kabupaten Malang George Da Silva. Selain itu, turut pula mengasai Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta dan Wakapolres Malang Kompol Pranatal Hutajulu.
“Kami telah sepakat bahwa untuk perhitungan di Desa Losari, dilanjutkan setelah perhitungan seluruh desa terselesaikan. Alhamdulillah tadi malam (kemairn malam) perhitungan telah diselesaikan dan tidak ada kendala,” bebernya.
Sementara itu Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta mengutarakan seluruh wilayah mempunyai potensi yang sama terjadi kericuhan saat dilakukan penghitungan. Untuk itu, pihaknya memberikan perhatian khusus pada seluruh kecamatan.
“Kepolisian berkomitmen mengawal jalannya proses penghitungan hingga tingkat KPU Kabupaten Malang. Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh anggota untuk tetap bersiaga, bila dibutuhkan sewaktu-waktu,” tuturnya.
Sementara itu Pimpinan Divisi Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Pemilu Panwaslu Kabupaten Malang George Da Silva mengatakan, alotnya perjalanan perhitungan di Kecamatan Singosari karena mempunyai pemilih terbanyak.
“Ada dua tempat yang menjadi perhatian Paswaslu saat perhitungan ini. Kecamatan Singosari dan Kecamatan Wagir,” terangnya. Pantauannya untuk sementara ini, pihaknya tidak menemui penggelembungan suara, (big/aim)

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *