Tak Ingin Tertinggal Para Pesaing, YouTube Luncurkan Beberapa Pembaruan

Tak Ingin Tertinggal Para Pesaing, YouTube Luncurkan Beberapa Pembaruan

Industri digital merupakan medan bagi mereka yang harus senantiasa siap dengan persaingan tingkat tinggi. Selain kemungkinan munculnya inovasi baru yang bisa menggeser para pemain lama, bisnis digital juga sangat bergantung pada bagaimana tingginya minat pengguna.

Dari fakta di atas, penyedia layanan berbagi video #YouTube, juga tidak ingin ketinggalan dan kalah saing dengan penyedia layanan sejenis lainnya. Hal ini dikarenakan saat ini konten video sudah menjadi salah satu pasar yang paling menggiurkan dalam bisnis industri digital. Tidak hanya yang berkonsep media sosial, konten video kini juga sudah diolah dalam bentuk yang lebih kreatif seperti layanan streaming hingga tampilan tiga dimensi (3d).

Sebagai langkah pencegahan terhadap mundurnya pencapaian perusahaan, YouTube Belum lama ini mengeluarkan beberapa pembaruan yang membawa efek cukup besar. Di antaranya yakni perubahan tampilan aplikasi mobile serta dirilisnya channel YouTube gaming di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Tampilan Aplikasi Youtube yang Lebih Menggugah

 

Dalam keterangan resmi pihak pengembang YouTube menyebutkan bahwa, platform berbagi#video online tersebut telah memberikan pembaharuan terhadap tampilan laman utama dari aplikasi mobile besutannya. Tampilan tersebut meliputi beberapa detil seperti ikon thumbnail video hingga rekomendasi channel yang disesuaikan berdasarkan ketertarikan pengguna.

Dalam pembaruan tersebut, tampilan dari icon video yang berada di halaman utama akan nampak lebih besar dan jelas. Hal ini membuat pengguna lebih terbantu dan dapat menentukan apakah video tersebut menarik atau tidak. Karena seperti diketahui, saat ini semakin banyak video yang sebenarnya tidak terlalu berkualitas. Dengan bantuan keterangan lebih lengkap, pengguna bisa dengan mudah menentukan video mana yang benar-benar mereka cari.

Berikutnya untuk masalah sistem rekomendasi, YouTube juga memperbarui algoritma dengan teknologi jaringan neural. Dari teknologi baru tersebut sistem YouTube akan melakukan filter terhadap video dan juga channel yang telah di subscribe oleh pengguna. Dari data yang diperoleh, termasuk juga mengkombinasikan dengan history tontonan pengguna, maka saran and video yang ditampilkan pada halaman utama diharapkan juga semakin sesuai dengan minat pengguna.

Pihak pengembang YouTube menyebut bahwa nantinya semakin lama pengguna mengakses layanan YouTube dan membuka banyak video, maka semakin kompleks pula data yang diolah untuk menentukan video-video yang masuk pada deretan rekomendasi. Pembaruan ini juga secara otomatis langsung terunggah ketika kita mengakses aplikasi YouTube baik untuk sistem operasi #Android maupun iOS tanpa harus melakukan pembaruan ulang.

Tawarkan Sensasi Video 360° Dengan Audio Menawan

 

Selain dari adanya update tampilan laman utama aplikasi YouTube, pembaruan juga diberikan pada fitur video 360° yang semakin banyak diminati oleh pemirsa YouTube. Teknologi baru yang disematkan pada fitur ini yakni adanya spatial audio yang memungkinkan kita untuk mendengar kualitas suara video jauh lebih prima. Dari situ terdapat pula layanan live streaming video 360° yang bisa diakses melalui aplikasi mobile.

Terkait dengan feature spatial audio, tim pengembang menyebutkan bahwa teknologi ini memungkinkan kita untuk bisa mendengarkan output suara layaknya mendengarkan secara langsung. Baik dari kedalaman, jarak serta intensitas suara semuanya diupayakan untuk terasa senatural mungkin.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, untuk menikmati fitur ini baru hanya bisa diakses dari smartphone Android yang menggunakan headphone. Selain itu, fitur ini juga belum bisa digunakan secara video live streaming.

Hadirkan Channel Youtube Gaming Indonesia

 

Pembaruan yang tidak kalah menarik yakni diluncurkannya channel YouTube gaming untuk para pengguna di Indonesia. Sebelumnya, layanan gaming YouTube ini baru ada di beberapa negara seperti Amerika dan Inggris. Namun untuk semakin memperluas layanan, YouTube gaming akhirnya bisa dinikmati oleh para pengguna di beberapa negara lain termasuk Indonesia.

Bagi yang tertarik untuk mengakses laman ini, bisa mengunjungi alamat gaming.youtube.com dan langsung login menggunakan akun Gmail. Di dalamnya pengguna bisa menyaksikan beragam video gameplay, yang dilengkapi dengan fasilitas live chat. Jadi sembari menonton video #gamekegemaran, kita juga bisa memberikan komentar secara langsung dan berinteraksi dengan penonton lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *