SUHARNO PELATIH AREMA…?

suharno
Arema Indonesia sepertinya tak bisa mengelak lagi bahwa Suharno adalah pelatih kepala untuk musim 2013/2014. Kendati sampai sekarang belum ada berita resmi terkait siapa arsitek Singo Edan, namun nama Suharno sudah bergaung dalam obrolan Aremania seluruh Indonesia.
Bahkan, narasumber internal klub yang dikonfirmasi Malang Post malah menyebut bahwa Suharno adalah pelatih Arema musim depan. “Pelatih Arema musim depan adalah Suharno. Sebab, dia memiliki lisensi A AFC yang dibutuhkan Arema untuk main di kancah Asia,” terang narasumber yang enggan disebut namanya.
Suharno memang memiliki lisensi kepelatihan level A AFC yang menjadi syarat penting agar klub pujaan Aremania bisa berlaga di AFC Cup musim depan. Namun, kabarnya bukan kebetulan Suharno terpilih sebagai pembesut Arema. Pria kelahiran Klaten ini memiliki rekor yang bagus di Arema.
Suharno pernah mengangkat prestasi Arema yang terpuruk pada musim 2011/2012. Bekerjasama dengan Joko ‘Gethuk’ Susilo, pelatih yang berdomisili di Sengkaling itu sukses mencegah Arema degradasi. Sinergi apik antara Suharno dan Gethuk, kabarnya menjadi alasan manajemen untuk kembali menduetkan dua pelatih tersebut.
Dengan skuad yang lebih siap dan pemain berkualitas, duet Suharno dan Gethuk diharapkan bisa lebih moncer lagi musim depan. Targetnya, tentu saja meraih prestasi tertinggi di tiga kompetisi yang dijalani oleh tim berlogo singa itu. Menariknya, nama Suharno sendiri muncul belakangan ini karena penampakannya di Stadion Kanjuruhan.
Dalam dua laga ujicoba terakhir Arema, Suharno muncul di tribun VVIP. Ia menyaksikan skuad racikan Gethuk bertanding lawan Metro FC Selection dan Jember United. Tapi, bukan hanya kehadiran di lapangan saja yang mengerucutkan nama Suharno sebagai pelatih kepala.
Indikasi terpilihnya mantan pelatih Gresik United itu sebagai headcoach Arema tertulis dalam draft berkas verifikasi yang dikirimkan ke PT Liga Indonesia. “Nama Pak Harno sudah dicantumkan dalam berkas verifikasi kepada regulator kompetisi. Kalau sudah begitu, tentu pelatihnya Pak Harno,” terangnya.
Sementara itu, manajemen melalui Media Officer Arema Sudarmaji mengaku terkejut terkait ‘kebocoran’ informasi draft verifikasi yang menyebut bahwa pelatih kepala Arema adalah Suharno. “Wah kok sudah bocor? Lihat saja deh tanggal 21 November nanti,” kilah Sudarmaji.
Namun, mantan wartawan itu tidak mengelak bahwa Arema sedang dekat dengan pelatih berusia 54 tahun ini. “Kita sedang dekat dengan Suharno,” ujar mantan wartawan itu singkat. Tanpa menyebut seperti apa status Suharno, Sudarmaji tak mengelak bahwa Arema dalam tahap pedekate.
Terpisah, Suharno sendiri belum mau terang-terangan soal indikasi kuat bahwa dirinya adalah pelatih Arema. Mantan pelatih Persibo Bojonegoro ini masih malu-malu dan enggan menjawab konfirmasi Malang Post terkait pemberitaan tentang dirinya sebagai pelatih Arema.
Saat dikonfirmasi, Suharno mengaku sedang berada di Blitar. Kabarnya, dia ke Blitar untuk meminta doa kepada orangtuanya, agar diberi restu demi kelancaran memanggul tugas berat sebagai pelatih Arema. “Sekarang saya sedang di rumah orang tua di daerah pegunungan Blitar selatan. Saya belum mengikuti berita soal Arema,” ujar Suharno.
“Dua hari lagi saya ke Malang. Nanti kalau sudah di Malang saya kabari. Kumpul sama dulur-dulur kabeh. Saya memang pernah komunikasi dengan manajemen Arema,” tutupnya.
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *