SERTIFIKASI USAHA HARUS DIMILIKI PARA PENGUSAHA DI KOTA BATU

batu

BATU- PHRI Kota Batu  menyiapkan Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU), untuk menilai kelayakan tempat usaha baik itu hotel, restaurant maupun obyek wisata. Semua industri pariwisata, nantinya harus tersitifikasi sesuai UU nomo 10/2009 tentang Pariwisata.
PHRI Kota Batu, Uddy Syaifudin membenarkan hal itu, dan menurutnya ada dua jenis sertifikasi yang disiapkan. Yakni, sertifikasi usaha dan sertifikasi sumberdaya manusia yang bekerja di perhotelan.
” Sertifikasi usaha itu untuk mengetahui kelayakan tempat usahanya. Misalnya ada hotel berstatus bintang tiga, kemudian LSU mengecek apakah pelayanan dan SDM yang ada sudah sesuai bintang tiga ataukah sebaliknya,’’jelasnya.

Dia menambahkan, kelebihan dari adanya kebijakan tersebut tidak lain agar pengelola usaha memberikan fasilitas dan pelayanan sesuai statusnya. Dia memberi contoh, jika usaha hotel bintang empat, maka semua fasilitas, pelayanan dan SDM harus sesuai dengan kelas bintang empat. Jangan lantas bintang empat namun pelayanan dan fasilitasnya malah di bawah stadar bintang empat.
Sebab, kata dia, LSU berstatus independent dan auditornya akan dipenuhi orang-orang yang mumpuni yang sudah mengenal lebih jauh dunia usaha pariwisata.”Kalau PHRI sendiri yang turun, kami nilai kurang efektif dan maksimal. Karena itu dibentuklah LSU ini,”terangnya.

Sertifikasi kegiatan usaha, juiga bertujuan untuk mengenal lebih jelas mana hotel yang termasuk berbintang maupun non bintang. Sehingga, hotel-hotel nantinya memiliki standar yang tidak boleh melebihi pagu baik itu menyangkut biaya maupun lainnya. Praktis, nanti setiap hotel akan bersaing dalam bentuk service kepada tamu.
Selain itu semakin hotel dipenuhi fasilitas, maka great atau levelnya akan dinaikkan. Dalam penilaian tersebut, ada sekitar 800 item yang menjadi acuan tim penilai.”Seindah apapun hotel tersebut, namun bila tidak bisa membuat manusianya terampil, ya tidak ada apa-apanya,’’pungkasnya

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *