Sering Gunakan Standar Samping Saat Parkir? Ini Kerugiannya

motr

Di tempat parkir, kerap ditemui sepeda motor yang diparkir dengan hanya standar samping saja. Selain membuat ruang parkir menjadi lebih sempit, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan kerugian bagi si pemilik sepeda motor.

Dikutip dari situs Welovehonda, salah satu kerugiannya yaitu motor masih bisa bergerak apabila permukaan tempat parkir tidak datar. Bahkan, motor diparkir menggunakan standar samping di jalan yang menurun, berisiko standar melipat kembali ke posisi semula akibat motor bergerak ke depan. Akibatnya, motor akan jatuh dan bodi motor yang mulus akan jadi lecet.

Selain itu, apabila Anda gemar duduk di atas jok motor saat tengah diparkir, beban motor akan ditopang oleh shockbreaker dan ban, yang berakibat kedua komponen ini bisa berkurang umur kekuatannya. Apalagi, jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Kebanyakan orang malas menggunakan standar tengah, karena harus mengeluarkan tenaga yang cukup besar untuk memasangnya. Padahal, sebenarnya ada cara yang mudah untuk memarkir motor dengan standar tengah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berdiri di sisi kiri sepeda motor, letakkan tangan kiri di setang sebelah kiri, dan tangan kanan pada pegangan motor bagian belakang.

Kemudian, injak standar tengah dengan menggunakan kaki kiri. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu tanah di bawah sepeda motor cukup kuat untuk menopang bobot motor. Cari posisi yang rata, baik untuk dudukan standar maupun roda depan dan belakang.

Usahakan berat badan seimbang di kedua kaki, kemudian condongkan badan ke arah belakang, sembari menarik motor menggunakan tangan kanan ke arah belakang motor. Motor jenis matik, atau bebek tidak memerlukan tenaga yang besar, berbeda dengan motor sport yang kapasitas mesinnya lebih dari 150cc.

Apabila saat hendak parkir, posisi roda depan sedikit lebih tinggi ketimbang belakang, tenaga yang harus dikeluarkan untuk menarik motor lebih ringan ketimbang posisi datar. Namun, untuk menurunkannya butuh tenaga yang lebih besar.

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *