SEJUKNYA AIR TERJUN IRENGGOLO KEDIRI

AIR TERJUN IRENGGOLO

Air Terjun Irenggolo  berada di Kawasan Wisata Besuki di ketinggian 1200 di atas permukaan laut di gugusan lereng Gunung Wilis (1950 m).  Tumpahan airnya sekitar 80 meter dengan bentuk trap-trap mini dan pemandangan alam yang indah dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius.

Selain air Terjun Irenggolo, tidak jauh dari kawasan wisata tersebut, sekitar 4 km, juga terdapat Air Tejun Dolo.

Lokasi

Terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo Kecamatan Mojo,Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak + 28 km ke arah barat daya dari kota Kediri, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Akses menuju air terjun ini relatif mudah dengan kondisi jalan 85 hotmix dan dapat ditempuh dengan segala macam kendaraan hingga di kawasan wisata air terjun tersebut. Perjalanan menuju air terjun ini dapat dimulai dari kota Kediri dimana pertama-tama menyeberang ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri, lalu meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung tempat tokoh nasional Tan Malaka dimakamkan, dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki. 

Bagi pengguna kendaraan umum, dari terminal bus Tamanan Kota Kediri, naik angkutan pedesaan jurusan ke Kecamatan Mojo. Kemudian, turun di Desa Besuki, dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun. Selain dengan berjalan kaki dari desa Besuki dapat menggunakan jasa sewa ojek atau angkutan pedesaan.

Dari area pintu gerbang masuk perjalanan dilanjutkan sekitar 200 m menuju area parkir kendaraan.  Dan akhirnya dari area parkir diteruskan dengan berjalan kaki ke loaksi air terjun tersebut berada. 

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 3000 per orang.  Sedangkan biaya parkir adalah Rp 1000 per kendaraan untuk roda dua. 

Fasilitas dan Akomodasi

Sarana transportasi, komunikasi, dan listrik telah mendukung keberadaan objek wisata ini. Demikian pula, berbagai prasarana fisik yang lain, seperti tempat parkir, toilet, kamar mandi, kolam renang dan musholla.  Bahkan disini tersedia area untuk berkemah.

Hanya saja, di kawasan objek wisata tersebut belum dibangun penginapan. Sehingga jika ingin bermalam harus ke kota Kediri.

Kata Kunci :

  • air terjun malang
  • wisata air terjun di malang
  • air terjun dimalang
  • kolam renang semen kediri
  • wisata air terjun besuki kediri
  • wisata kediri yang sejuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>