RNAK AYAM PELUNG DI PENAS XIV

KEPANJEN- Tidak hanya unggulan pertanian dan kelautan yang dipertunjukan dalam kegiatan Penas XIV Petani Nelayan. Melainkan unggulan peternakan juga unjuk gigi dalam kegiatan akbar tersebut. Salah satunya adalah berternak ayam pelung khas dari Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Yang membedakan ayam pelung dari ayam jenis lainnya, adalah ukurannya yang super besar. “Satu ekor ayam pelung ini, beratnya bisa mencapai delapan kilogram. Biasanya kami pergunakan untuk lomba ayam suara kokokan,” ujar Ketua Kelompok Tani Makmur Kabupaten Cianjur, Agus Abdurahman.
Dijelaskannya, ayam pelung adalah ayam lokal unggul asli dari daerah Cianjur, Jawa Barat

Berbeda dengan kebanyakan biakan ayam yang diseleksi untuk penampilan fisik dan dipotong maupun pedaging, ayam pelung diternak karena suara kokokannya yang panjang, berirama dan enak didengar oleh telinga manusia. “Cara merawat ayam pelung ini, sama dengan merawat ayam jenis lainnya. Yang membedakan, hanyalah bibit ayam ini memang asli dari Kabupaten Cianjur,” terangnya.

Dilanjutkannya, Ayam pelung betina pertama kali bertelur ketika berumur 6-7 bulan. mampu menghasilkan telur antara 12-16 butir per periode eraman. Sedangkan satu butir telur ayam pelung ini masih kata Agus Abdurahman bisa mencapai 50,66 gram. “Ukuran telur ayam pelung ini pun lebih besar ketimbang jenis ayam lainnya. Daya tetas telur ayam pelung sangat baik, anak ayam yang menetas pertumbuhannya juga sangat bagus,” yakinnya. Menurutnya, setelah ayam tersebut dipamerkan dalam Penas XIV Petani Nelayan, banyak peminatnya.

Dia mengaku, setidaknya sudah ada lebih dari 50 orang memesan ayam tersebut Pemesan mayoritas berasal dari luar Pulau Jawa, seperti Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). “Kami menjual ayam pelung ini harus sepasang yakni jantan dan betina. Harga jualnya pun terjangkau. Yang membedakan, hanya ongkos kirimnya,” imbuhnya.
Sepasang ayam pelung berusia satu bulan dipatok harga Rp 200.000, usia dua bulan seharga Rp 350.000 dan usia tiga bulan Rp 500.000

 

 

Kata Kunci :

  • jual beli pelung 2016
  • harga ayam pelung tani makmur 2016
  • harga jual ayam pelung tani makmur
  • harga ayam pelung di malang
  • daftar harga ayam pelung tani makmur
  • cari telurbibit ayampulung
  • bibit ayam pelung malang
  • ayam pelung kota malang
  • ayam pelung dimalang
  • peternak telur ayam kampung di jawa barat
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *