Ribuan Pedagang Pasar Blimbing Enggan Pindah

pasar blimbing malang

Ribuan pedagang Pasar Blimbing Kota Malang, hingga saat ini masih enggan pindah ke pasar penampungan sementara yang telah disediakan oleh investor, yakni PT Karya Indah Sukses (KIS).

Kepala Dinas Pasar Kota Malang Kusnadi di Malang, Sabtu, mengakui para pedagang menginginkan seluruhnya bisa tertampung, namun los yang disediakan investor hanya mampu menampung sebanyak 2.000 pedagang, sedangkan 250 pedagang lainnya tidak punya tempat.

“Sebenarnya pengembang sudah menyetujui jumlah pedagang yang akan ditampung di pasar sementara sebanyak 2.250 pedagang, namun saat ini masih dalam proses. Insya Allah dalam dua pekan ini sudah selesai,” katanya, menjelaskan.

Sementara itu koordinator pedagang Pasar Blimbing Subardi mengemukakan pedagang menolak pindah ke pasar penampungan sementara sebelum ada kesepakatan dengan investor. Ada poin yang sampai saat ini belum dipenuhi oleh investor.

Tiga poin yang diminta pedagang sebagai syarat relokasi itu adalah transparansi site plan bangunan pasar yang akan berubah menjadi Trade Malang Center (TMC), jaminan penggratisan lapak di pasar baru bagi pedagang dan terakomodasinya seluruh pedagang sebanyak 2.250 pedagang.

Kapasitas TMC yang akan dibangun PT KIS tesrebut hanya 2.000 pedagang, sedangkan 250 pedagang lainnya masih belum mendapatkan tempat (lapak). “Oleh karena itu kami meminta kejelasan nasib 250 pedagang tersebut pada investor,” tegas Subardi.

Menanggapi persyaratan yang diajukan para pedagang tersebut, Wali Kota Malang Moch Anton meminta pada mereka untuk tidak resah dan ia berjanji tidak akan ada pedagang yang kehilangan lapak dan tidak tertampung di pasar yang baru.

“Kami berharap setelah semua tuntutan pedagang dipenuhi investor, pedagang mengajukan syarat lagi dan tetap menolak direlokasi. Paling lambat satu bulan ke depan, seluruh pedagang harus sudah menempati pasar penampungan, karena investor juga sudah menyanggupi persyaratan yang diajukan oleh pedagang,” tegas Anton.

Sesuai perjanjian kerja sama yang ditandatangani investor (PT KIS) dengan Pemkot Malang pada tahun 2009, Pasar Blimbing akan direnovasi menjadi pasar modern yang tetap mengakomodasi para pedagang tradisional.

Selain adanya pasar tradisional, TMC juga akan dilengkapi berbagai fasilitas, termasuk pasar modern, cafe, pusat kebugaran serta apartemen yang rencananya 14 lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *