Resolusi Penentu Kesuksesan

a student that work with a laptop

 

Resolusi, sebuah kata yang erat kaitannya dengan harapan dan rencana baru. Biasanya resolusi dibuat ketika pergantian tahun atau pergantian masa dengan harapan-harapan baik yang tentunya berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Memang benar bahwa resolusi bisa menjadi motivasi tersendiri bagi mereka yang terbiasa melakukannya. Resolusi bisa menjadi semacam sugesti yang mampu meningkatkan semangat dalam usaha mencapai apa yang Anda inginkan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda merancang dan merencanakan dengan baik apa yang menjadi target dan tujuan Anda. Berikut ini kami sajikan ulasan berupa beberapa pertanyaan mengenai bagaimana menentukan dan mengatur resolusi penentu kesuksesan yang bisa Anda praktekkan dalam kehidupan Anda.

1. Apa yang ingin Anda lakukan untuk mengisi hari-hari Anda ?

Renungkan aktivitas yang akan memberikan Anda rasa bahagia. Selanjutnya tanyakan mengapa hal tersebut sangat penting bagi Anda. Semisal Anda ingin mendapatkan kategori terbaik di lingkungan akademis, ini menandakan hal yang ingin Anda lakukan adalah belajar, memelihara kesehatan, dan berkomunikasi dengan orang banyak. Tulislah 3 hal pokok ini.

2. Percayakah Anda bisa memiliki apa yang Anda tuliskan?

Tidak sedikit orang kehilangan semangat resolusinya bahkan sebelum mereka mengawalinya. Alasan yang umum adalah mereka merasa tidak percaya mereka layak untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Nah, sebelum Anda mulai beraksi, tata dulu pikiran Anda, sugestikan bahwa Anda pasti bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan dan Anda memang layak untuk mendapatkan hal itu.

3. Bagaimana agar bisa mencapai impian Anda?

Kini waktunya Anda membuat daftar yang lebih spesifik lagi untuk sesuatu pada poin 1. Semisal Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, tuliskan bahwa Anda akan berolahraga, tidur, makan, dan beraktivitas dengan teratur serta senantiasa berpikir positif. Jika Anda ingin mencapai nilai akademis terbaik, Anda dapat menuliskan agenda harian untuk mempelajari apa saja dan sebagainya.

4. Anda ingin menjadi seperti apa?

Kehidupan yang sangat berharga adalah mengenai sosok seperti apakah yang Anda inginkan tercermin pada diri Anda. Tuliskan beberapa hal yang membuat diri Anda bernilai dalam hidup. Misalnya Anda ingin menjadi orang bijak, tegas, tulus, pemaaf, dan sebagainya. Kemudian tanyakan pada diri Anda sendiri, kapan Anda mulai menerapkan hal ini dalam hidup Anda?

5. Jawab semua pertanyaan Anda dan tulis dalam penguatan

Berikut misalnya:

“Saya ingin memiliki hidup yang sehat, hubungan yang baik dengan orang terdekat saya, hidup penuh dengan kebahagiaan, dan karir yang berkembang dengan baik.

Saya berusaha senantiasa berpikir positif, mencintai dengan tulus.

Saya layak untuk memperoleh semuanya. Dan mulai besok saya akan memulai melakukan semua yang saya rencanakan sejak saya bangun tidur.”

Kunci utama dari kesuksesan adalah bagaimana kita mengelola. Mengelola waktu, mengelola pribadi, dan mengelola apa yang kita miliki. Perjalanan jauh pun berawal dari sebuah langkah kecil, jadi segeralah memulai apa yang telah Anda rencanakan, wanita Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *