Resiko Root dan Upgrade Android

Resiko-Root-Dan-Upgrade-Android

Untuk ROOT :
Kelebihan ataupun manfaat apabila dilakukannya Root Android

    • Dengan melakukan root pada android maka kita akan lebih leluasa dalam menginstall beberapa aplikasi yang memang dalam proses instalasinya membutuhkan adanya akses sebuah root seperti contoh aplikasi App2Card ,Titanium Backup, , Link2SD, Aplikasi ScreenShot dan Wifi tether serta aplikasi yang lainnya. Selain itu dengan dilakukannya Root maka kita bisa melakukan kostumisasi dan perubahan dalam usaha mengoptimalkan kinerja dan performa dari ponsel itu sendiri misalnya overclock processor, menghapus aplikasi yang tidak kita inginkan yang pada dasarnya aplikasi tersebut sudah bawaan dari pabrik, serta tujuan lainnya yang dapat anda dapatkan dengan memanfaatkan cara Root android.

Kekurangan dari ponsel Android yang telah dilakukannya rooting, adalah

    • Hilangnya garansi resmi baik dari toko aupun distributor.¬†Jadi apabila anda membawa ponsel android ke service center sedangkan ponsel anda sudah dalam keadaan ter-rooting. Maka garansi ponsel anda akan hilang dan pihak service tidak bisa memberikan garansi. Namun dengan demikian cara tersebut masih dapat kita akali dengan dilakukannya un-root kembali kemudian lakukan factory reset untuk mendapatkan keadaan kembali seperti sediakala sebelum dilakukannya rooting.

Faktor keamanan

    • Apabila anda telah melakukan delete, menambah atau bahkan mengupdate file dalam sistem tersebut maka akan berpengaruh terhadap ponsel atau tablet anda.

Kesimpulan:

    • Melakukan rooting memang berguna untuk penggunaan bagi mereka yang telah paham mengenai seluk beluk android, karena justru akan membuat Operasi Sistem android tersebut semakin berkembang. Namun sebaliknya, apabila bagi mereka yang melakukan rooting hanya untuk suatu hal yang tidak terlalu perlu dan dilakukan oleh orang yang masih awam mengenai Android. Hal ini jelas akan berbahaya dan bisa berakibat rusaknya Operasi Sistem andorid yang sudah ada maupun ponselnya.

Untuk UPGRADE :
Dibawah ini resiko atau akibat dari Upgrade Operasi Sistem Android yang tidak berhasil .

    • Pengguna HTC Droid Operasi Sistem versi 2.3.4 saat gagal melakukan upgrade Operasi Sistem mengalami permasalahan pada baterai yang cepat habis, mengecilnya memory ponsel dan nomor kontak yang tersimpan tiba-tiba hilang.
    • Tampilan Grafis 2D pada ponsel Motorola Droid ketika gagal melakukan upgrade ke android 2.1 permasalahan yang timbul kinerjanya menjadi lamban.
    • Update pada Samsung Fascinate berakibat seringnya random shutdown pada sebagian pengguna.
    • Pengguna ponsel HTC Desire mengaku sering hilangnya jaringan T-mobile setelah gagal upgrade Operasi Sistem ke versi 2.3.5 dengan interface 3.0 sense.
    • Laporan dari Pengguna 4G Evo ponsel HTC mengaku adanya kebocoran pada memory internal HP saat gagal upgrade ke versi 2.3.
    • Pengguna HTC yang mengaku gagal upgrade ke android versi 2.3.3 mengalami masalah telatnya pesan teks yang diterima.
    • Kasus pengguna ponsel Galaxy Nexus yang sudah di-unlocked mengaku sinyal android 4.0.4 nya hilang.

Pada dasarnya melakukan root maupun upgrade Operasi Sistem Android, sebaiknya dilakukan apabila anda telah mampu atau punya cukup informasi mengenai caranya serta apakah memang hal tersebut sudah benar-benar anda butuhkan. Karena apabila tidak sebaiknya jangan dilakukan mengingat resiko yang bisa anda dapatkan dapat merusak Operasi Sistem maupun ponsel anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *