RENCANA PEMBENTUKAN PERDES SOAL KULINER

kuliner batu

KOTA BATU– Perkembangan wisata kuliner di Kota Batu terus melebar. Tak lagi hanya berpusat di tengah perkotaan, tapi juga di pedesaan. Salah satunya di sekitar kawasan Jembatan Kalilanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji.

Pelebaran pusat kuliner di kawasan jembatan penghubung antara Kota Batu dengan Kabupaten Malang ini bukan tanpa alasan. Sebab selama ini, di sana juga tumbuh subur kuliner. Saat ini, tercatat ada 13 warung yang berjajar di pinggir jembatan ini. Sayang, keberadaannya yang ramai dikunjungi banyak orang itu, belum memberikan kontribusi ke pemerintah desa. ”Makanya sekarang ini sedang kami susun perdes (peraturan desa) untuk mengatur itu. Selama ini belum ada retribusi karena belum ada aturannya,” kata Abdul Manan, Kepala Desa Pandanrejo, siang kemarin.

Manan menjelaskan, perdes yang tengah disusun sejak tiga bulan terakhir itu tidak saja mengatur tentang retribusi. Nmaun, juga akan mengatur banyak hal lainnya. Di antaranya, menjaga kebersihan lingkungan hingga larangan minuman keras di lokasi warung. Dalam peraturan itu, juga meliputi sanksi yang akan diberikan. Mulai peringatan lisan, peringatan tertulis, hingga larangan untuk berjualan di kawasan kuliner Kalilanang.

Termasuk, mengatur tentang konsep kuliner Kalilanang menjadi wisata warung tempo dulu. Mulai dari penataan warungnya hingga menu makannya yang harus menyajikan makanan seperti sego jagung, orem-orem, dan beragam minuman tradisional. ”Penjual yang diutamakan adalah warga asli Desa Pandanrejo. Tujuannya untuk mendongkrak pendapatan ekonomi warga,” ucap dia. ”Kalau ada orang dari luar Pandanrejo, akan dimusyarahkan terlebih dahulu,” sambung Manan.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyatakan, pembuatan perdes sekaligus untuk mengikis pandangan negatif yang menempel pada keberadaan kuliner Kalilanang. Diharapkan dengan peraturan tegas tersebut, tidak terjadi hal-hal yang dikhawatirkan oleh masyarakat.

 

Kata Kunci :

  • kuliner di kota wisata batu
  • wisata kuliner batu malang
  • wisata kuliner di batu malang
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *