RELOKASI PARA NELAYAN TAMBAN

UPAYA Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk memberikan perlindungan keselamatan bagi para nelayan yang tinggal di pesisir pantai mendapat respon positif. Ketua Nelayan Bina Lestari Pantai Tamban Sih Budi Hari mendukung penuh rencana relokasi dan pemberian sertifikat hak atas tanah untuk tempat permukiman para nelayan.
“Relokasi dan bantuan pemberian sertifikat tanah untuk pemukiman, sudah disampaikan bapak bupati saat syukuran dengan nelayan di sini beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, pantai yang terletak di Dusun Tamban Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) ini sering mengalami gelombang pasang. Terutama tiap bulan Agustus, biasanya terjadi gelombang pasang terparah. Saat itu kata dia, air dari laut meluber hingga ke rumah nelayan yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Kondisi tersebut membahayakan keselamatan nelayan beserta keluarganya.
“Saat gelombang pasang atau air laut naik pada malam hari, para nelayan yang tinggal di tepi pantai langsung mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Mereka terpaksa bermalam di rumah warga maupun kerabatnya yang lebih aman,” bebernya.

Dari sekitar 210 nelayan Pantai Tamban, terdapat 70 nelayan yang tinggal di tepi pantai. Para nelayan yang tinggal maupun mempunyai rumah di tepi pantai itulah, nantinya akan direlokasi dan diberi sertifikat kempemilikan tanah.
Lahan relokasi yang terletak kurang lebih 500 meter dari tepi pantai dan seluas satu hectare dan sudah dipersiapkan Pemkab Malang melalui pihak desa. “Setelah mempunyai tempat tinggal baru, para nelayan tidak perlu lagi mengungsi saat gelombang pasang. Mereka pun menjadi lebih tenang saat menjalankan aktivitasnya,” urainya.
Selama ini Pemkab Malang melalui dinas terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), memberikan perhatian lebih terhadap seluruh nelayan maupun masyarakat di Pantai Tamban ini.
Melalui bantuan tersebut, dia mempunyai keyakinan para nelayan yang ada di Pantai Tamban ini terdongkrak perekonomiannya dan semakin sejahtera. “Para nelayan yang ada di Pantai Tamban ini, belum bisa sukses seperti di Pantai Sendangbiru. Namun, kami tetap berusaha agar menjadi lebih baik lagi dan potensi itu sudah ada tinggal menggalinya,” tuturnya

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *