POIN PERDANA TIMNAS DI KUALIFIKASI PIALA ASIA

SAM

Indonesia sukses menahan Cina dengan skor 1-1 pada lanjutan kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C di stadion Gelora Bung Karno, Selasa (15/10) malam WIB.

Cina sempat unggul terlebih dahulu di babak pertama namun aksi Boas Solossa di paruh kedua berhasil menyelamatkan muka Indonesia sekaligus menghadirkan angka perdana bagi Merah-Putih.

Hasil imbang ini tidak mengubah posisi Indonesia sebagai juru kunci dengan poin satu dari tiga pertandingan.

Babak Pertama
Indonesia mencoba memperagakan operan-operan pendek di awal pertandingan sementara Cina langsung menghadirkan tekanan ke jantung pertahanan skuat Garuda.

Tim Tirai Bambu membuka dua peluang pada sepuluh menit pertama pertandingan melalui Yu Dabao namun dua tendangannya jauh melambung ke atas mistar gawang Made Wirawan.

Tanpa dukungan besar dari fans sedikit banyak mempengaruhi performa Indonesia, berkali-kali kesalahan mendasar seperti salah umpan dilakukan. Meski demikian aksi Boas pada menit 28 sempat membuat pertahanan Cina kalang-kabut sayang umpan silangnya ke kotak penalti tidak ada yang menyambut.

Pada menit 36 Cina membuka gol, berawal dari terobosan di sisi kiri pertahanan Garuda bola dikuasai Yu Dabao yang sukses melepaskan diri dari kawalan Victor Igbonefo untuk menyodorkan bola untuk diselesaikan Wu Xi di depan mulut gawang Made.

Satu menit kemudian Indonesia sempat mendapat peluang tetapi sayang Greg yang berjibaku dengan dua bek Cina di dalam kotak penalti dianggap melakukan pelanggaran. Kedudukan 1-0 tidak berubah hingga babak pertama selesai.

Babak Kedua
Penampilan Indonesia di babak kedua jauh lebih baik ketimbang paruh pertama. Skuat Merah-Putih terlihat bersemangat mengejar ketertinggalan satu gol dari tim Cina.

Kerja keras pasukan Indonesia memperlihatkan tanda-tanda positif. Memanfaatkan set-piece sepak pojok Tibo menyambar bola dengan tandukan kepala tetapi si kulit bundar masih bisa ditepis Zeng Cheng.

Cina tidak tinggal diam, dengan sedikit melakukan sentuhan pada komposisi pemain, mereka balik mengancam. Pada menit 60 Feng Xiaoting nyaris menambah gol namun bola menghantam mistar gawang Made.

Pertarungan kedua tim semakin seru, serangan berbalas serangan tersaji di atas lapangan dan pada akhirnya Indonesia sukses menyamakan kedudukan melalui Boas Solossa. Mendapat umpan dari Ahmad Bustomi, bintang Persipura Jayapura ini melepaskan tendangan keras yang tidak bisa dihalau kiper.

Keberhasilan Boas menggetarkan jala gawang Cina menambah semangat dan percaya diri Garuda. Beberapa peluang didapat Mofu dan Ruben Sanadi tetapi bola gagal mencapai target.

Sebelum pertarungan berakhir, Indonesia mendapat peluang emas melalui Greg Nwokolo. Sukses merebut bola di tengah lapangan, Indonesia melancarkan serangan balik cepat. Pada situasi dua lawan dua Greg berhasil menerobos ke kotak penalti dan mendapat ruang tembak namun sepakannya bisa ditepis keluar lapangan.

Peluang Greg tersebut menutup pertandingan dan kedua tim harus puas berbagi angka satu.

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *