PKL MEMBIKIN SEMRAWUT PASAR LAWANG

pasar lawang

LAWANG  Wajah jalan protokol wilayah Kecamatan Lawang semrawut dipenuhi pedagang kaki lima dan reklame. Sebagai pintu masuk Kabupaten Malang, harusnya wajah Kecamatan Lawang tertata dengan baik sebagai pintu gerbang masuk Kabupaten Malang.
Wilayah inilah yang menjadi pekerjaan besar bagi Camat Lawang, A Muwassi Arif yang baru dilantik beberapa waktu lalu.  Sebagai pintu masuk wilayah Kabupaten Malang, Lawang akan dibuat menarik, utamanya pada jalur utama kendaraan bermotor.

“Sebagai pintu masuk, tentu kesan menarik dan apik harus dimunculkan. Karenanya, untuk langkah awal yang akan dilakukan yakni merubah atau mempercantik perwajahan Lawang, khususnya jalur protokol,” kata Arif kepada Malang Post.
Sebagai tahap awal, penataan kembali pedagang kaki lima (PKL) di luar areal pasar. Selama ini, PKL yang sudah diberikan tempat relokasi oleh pasar, tidak sepenuhnya mentaati aturan yang ada. Merekia akan dikembalikan lagi untuk menempati lahan relokasi yang sudah disiapkan. Sehingga, PKL tidak selalu menjadi alasan kemacetan di jalur utama Lawang.
“Iya, masalah PKL akan menjadi perhatian. Harapannya, tentu kembali lagi ke lahan yang sudah disiapkan,” tambahnya.
Selain masalah PKL, ungkapnya, keberadaan spanduk dan reklame yang acapkali dipasang di pohon atau taman sisi jalan pun menjadi perhatian. Selain pemasangannya yang dilarang, tentunya akan koordinasi dengan Dispenda Kabupaten Malang, agar mengingatkan kembali pemasang untuk tidak melakukan pemasangan secara sembarangan. 
Dengan cara itu, tambahnya, pemasang akan mentaati aturan yang ada. Sehingga, jika melanggar dan kemudian diturunkan, tidak menyalahkan pihak yang menurunkan spanduk atau reklame yang sudah membayar pajak. 
“Dari segi tempat, memang lokasi pohon atau sisi jalan, potensial untuk dilakukan pemasangan spanduk atau reklame. Namun permasalahan yang muncul, pemasangan itu justru memunculkan kesan semrawut. Makanya, akan diminta pengertiannya untuk bisa saling menjaga,” tambahnya

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *