PERUMAHAN BUMI KANJURUHAN BARU TERJUAL 60 UNIT

pns

KEPANJEN – Meski sudah dibangun sebanyak 126 unit, rumah-rumah (pegawai negeri sipil) di Bumi -Kepanjen, baru terjual 60 unit. Belum maksimalnya penjualan rumah yang masuk kategori rumah murah dengan skema FLPP (fasiltias likuiditas pembiayaan perumahan) itu, karena terganjal perubahan jual yang belum disepakati oleh pemerintah daerah (pemda).

Seperti diketahui, seiring dengan kenaikan sejumlah instrumen produksi, seperti kenaikan material bangunan, membuat harga jual rumah murah yang sebelumnya Rp 88 juta unit, naik menjadi Rp 105 juta. Tapi, pengembang berpeluang menjual rumah seharga Rp 115 juta, sesuai dengan keputusan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang masih belum memutuskan berapa harga yang dipatok untuk rumah PNS-nya. Harga rumah, sudah jelas tidak akan dipatok seperti harga yang berlaku tahun lalu, Rp 88 juta. Sebab, harga tersebut pasti membebani pengembang yang diserahi untuk membangun perumahan PNS.

Karena belum ada keputusan soal harga jual terbaru, badan perumahan maupun PT Karisma , selaku pengembang, belum berani untuk melakukan transaksi dengan pembeli rumah atau user. ”Kami masih menunggu surat keputusan dari bupati. Ketika bupati setuju (perubahan harga), baru kami perbaruhi PKS (perjanjian kerja sama) dengan pengembang,” kata Kepala Badan Perumahan Kabupaten Malang Ir Sri Meicharini MM.

Setelah PKS diperbaruhi, badan perumahan kemudian akan mensosialisasikan kepada PNS yang punya hak untuk membeli rumah PNS di Bumi Kanjuruhan. ” ini nantinya akan kami lakukan secara door to door,” kata dia. Seperti diketahui, PNS yang bisa membeli rumah PNS adalah mereka yang masuk golongan 1, 2, dan 3. Syarat penting lain adalah, PNS yang bersangkutan belum pernah memiliki rumah sebelumnya.

Selain menghambat penjualan, belum adanya keputusan soal harga jual terbaru juga menghambat pembangunan rumah PNS di Bumi Kanjuruhan. Pengembang menahan diri untuk menambah bangunan unit-unit rumah PNS. Di samping itu, fasilitas umum (fasum), khususnya jalan paving di perumahan seluas delapan hektare itu juga sudah banyak yang rusak. ”Untuk jalan yang rusak, segera akan kami perbaiki. Selain itu, kami juga akan perbaiki ,” kata dia.

Rini menargetkan, paling lambat akhir tahun ini, perbaikan fasum sudah selesai dilakukan, sehingga rumah PNS Bumi Kanjuruhan lebih layak untuk ditempati. ”Kami juga menargetkan, pada 2015 seluruh rumah di Bumi Kanjuruhan sudah terbangun seluruhnya,” kata dia. Pada rencananya, di Bumi Kanjuruhan akan dibangun sebanyak 371 unit rumah murah.

Setelah Bumi Kanjuruhan selesai, Badan Perumahan Kabupaten Malang bisa beralih ke titik lain untuk pengembangan rumah PNS. ”Sementara ini, fokus kami di Kepanjen (Bumi Kanjuruhan). Tapi kami dengan Pak Umang (Gianto), Ketua yang baru, sudah menjajaki untuk kemungkinan membangun di lokasi lain. Seperti di Kecamatan atau di Gondanglegi. Kebetulan, ada land bank di sana,” kata mantan sekretaris Badan Perencanan Pembangunan Daerah () Kabupaten Malang ini.

 

 

 

 

Kata Kunci :

  • perumahan kanjuruhan kepanjen
  • perumahan istana kanjuruhan malang
  • harga perumahandi kepanjen
  • istana kanjuruhan
  • perumahan gondanglegi kepanjen
  • perumahan kanjuruhan
  • perumahan kanj
  • harga perumahan kanjuruhan malang
  • harga perumahan kanjuruhan 2016 harga 116 juta
  • harga angsuran perumahan bumi kanjuruhan
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *