PERSIAPAN KLUB-KLUB PESERTA ISL TAHUN DEPAN

ISL

 

  • Arema Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi momen terpenting jelang kompetisi tahun depan. Malam ini (7/11), segenap manajer klub calon peserta liga unifikasi 2013/2014 dikumpulkan oleh regulator PT Liga Indonesia dalam manager meeting di Hotel JW Marriot, Jakarta.
    Dalam pertemuan hari ini, PT Liga bakal berdiskusi serta berembug dengan seluruh calon peserta soal tiga hal, yakni regulasi, urusan verifikasi serta jadwal kompetisi. Singo Edan, julukan Arema bakal cukup vokal. Sebab, dalam pertemuan ini, sebagian besar pertanyaan yang menggelayuti manajemen bakal dipertanyakan secara langsung pada regulator liga, dihadapan seluruh calon peserta ISL.
    General Manager Arema, Ruddy Widodo yang menjadi wakil Arema di manager meeting pun berharap, pertemuan manager meeting malam ini bisa menjadi jawaban dari berbagai pertanyaan soal liga musim depan.
    “Ya kita ada banyak pertanyaan, mungkin Arema akan tegas mempertanyakan soal format kompetisi dan jadwal ISL,” ungkap Ruddy kepada Malang Post.
    Namun, sebelum dua hal ini bisa dijawab dalam manager meeting, pertanyaan soal berapa jumlah peserta ISL unifikasi musim 2013/2014 juga harus terselesaikan. Sebab, sampai saat ini masih berspekulasi soal berapa jumlah peserta ISL musim depan.
    Jika merujuk pada hasil Kongres Luar Biasa 2013, maka jumlah calon peserta verifikasi ISL memang seharusnya 22 klub. Delapan belas klub berasal dari ISL, sementara empat klub IPL. Empat klub IPL yang jadi peserta ISL unifikasi bila merujuk pada KLB 2013, adalah Persiraja Banda Aceh, PS Semen Padang, Persiba Bantul dan Persijap Jepara.
    Namun, dalam perkembangan terakhir, para klub IPL yang boleh ikut verifikasi ISL harus melalui playoff. Ada enam klub yang menempati posisi tiga teratas di dua grup playoff yang bisa ikut verifikasi, yakni Pro Duta FC, PSM Makassar, Persijap Jepara, Persepar Palangkaraya, Persiba Bantul dan Perseman Manokwari.
    Plus PS Semen Padang, enam klub tersebut akan dinilai oleh tim verifikasi dari PT Liga. Empat tim dengan nilai verifikasi tertinggi diperbolehkan masuk ISL, sementara klub sisanya langsung dimasukkan ke Divisi Utama.
    “Setelah nanti ketahuan siapa 22 klub yang ikut verifikasi, baru kita bisa tegaskan soal banyak hal,” tutur Ruddy.
    Kabarnya, manager meeting malam ini bakal menentukan regulasi pemain asing yang hampir pasti hanya dibatasi tiga pemain saja. Lalu, manager meeting juga membicarakan soal format kompetisi. Isu yang bergulir, bakal ada kompetisi dua wilayah, sekalipun Arema secara gamblang menolaknya.
    Lalu, bakal ditentukan juga soal jadwal ISL musim 2013/2014. “Harus ditentukan juga soal jadwal kompetisi. Arema akan menegaskan soal jadwal, harus dipikirkan soal kapan kita start kick off ISL, lalu harus diperhitungkan juga soal puasa, Pilpres dan Pileg,” kata pengusaha travel itu.
    Ruddy juga menambahkan, usai manajer meeting, PT Liga dikabarkan bakal langsung turun ke klub-klub calon peserta ISL unifikasi untuk melakukan verifikasi.
    “Setelah manajer meeting, verifikasi akan langsung dilakukan, terkait lima aspek kita sangat siap,” tutupnya

Kata Kunci :

  • Persiapan dan peserta isl
  • persiapan pro duta jelang kompetisi 2017
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *