PENUTUPAN JALAN DI BUNDARAN ADIPURA JALAN SEMERU

adipura

MALANG – Uji coba rekayasa arus lalu lintas di Bundaran Adipura depan pintu Gerbang sekolah Mardiwiyata  Jalan Semeru membuahkan hasil. Kemarin arus lalu lintas di kawasan tersebut langsung lancar saat Dinas Perhubungan melakukan uji coba rekayasa arus lalu lintas.
Selain arus lalu lintas yang diubah, parkir di sekitar Jalan Semeru juga ditata ulang. Bahkan di beberapa lokasi di Jalan Semeru langsung dinyatakan sebagai kawasan larangan parkir lantaran menjadi biang macet. Kawasan yang dilarang parkir kendaraan yakni tepi jalan di sekitar pusat perbelanjaan Lai Lai dan di sekitar jembatan yang membentang di Jalan Semeru.  Petugas sudah memasang rambu larangan parkir di Lai Lai.

“Parkir di kawasan Jalan Semeru harus paralel. Cara parkir paralel ini sudah  diberlakukan sejak kemarin. Selanjutnya petugas terus melakukan pengawasan lapangan,” jelas Kadis Perhubungan Kota Malang, Wahyu Setianto.
Begitu juga dengan parkir kendaraan di deretan ruko yang terletak di sisi selatan Jalan Semeru dievaluasi. Sebab intensitas aktivitas parkir dan masuk keluar kendaraan  di depan ruko tersebut juga padat.

Sementara itu, arus kendaraan yang melewati Bundaran Adipura di Jalan Semeru mengalami perubahan. Sejak kemarin, tak ada lagi persinggungan atau crossing arus lalu lintas di bundaran tersebut. Bahkan saat uji coba rekayasa arus lalu lintas diberlakukan kemarin,  terdapat pola tambahan pengaturan kendaraan.  Yakni kendaraan dari arah timur Jalan Semeru (dari arah perempatan Rajabali) tidak boleh berbalik arah di Bundaran Adipura dan wajib mengikuti arus lalu lintas ke arah perempatan Jalan Bromo.
Sedangkan angkot jalur GL sudah tak melewati Bundaran Adipura di Jalan Semeru. Mulai kemarin, angkot GL dari arah Jalan Semeru belok ke arah selatan saat melewati perempatan Jalan Bromo.

Sekitar 15 orang petugas Dinas Perubungan disiagakan di sekitar Jalan Semeru. Selain memandu kendaraan, kemarin pagi mereka memasang marka berupa pita pembatas jalan di sekitar Bundaran Adipura, Jalan Semeru.  “Uji coba rekayasa arus lalu lintas ini berlangsung sekitar satu minggu. Kami terus memantau dan evaluasi rutin dampak rekayasa arus lalu lintas terhadap upaya mengatasi kemacetan,” papar Wahyu.
Namun demikian, berdasarkan evaluasi sementara kemarin siang, Wahyu memastikan arus lalu lintas di sekitar Jalan Semeru sudah lancar. Ia berharap pengendara menyesuaikan arus lalu lintas yang ditata ulang di kawasan tersebut.

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *