Pengertian Komputer Digital

Tulisan ini secara khusus akan membahas tentang pengertian dan contoh komputer digital. Minimal ada tiga jenis komputer (Komputer Analog, Komputer Digital, Komputer Hybrid), dan kompuyer digital merupakan komputer yang sangat banyak di pakai oleh masyarakat sekarang ini. Era digital turut memberikan kontribusi yang besar bagi antusiasme dan minat masyarakat terhadap jenis komputer ini. 

Pengertian Komputer Digital

Klo anda bertanya mengenai pengertian tentang komputer digital, maka sebetulnya ia adalah komputer yang sering kita pakai untuk aktivitas sehari-hari. Jika dibandingkan dengan komputer kuantum, maka ia sama sekali berbeda. Microprocesor atau apa yang disebut dengan CPU (Central Processing Unit) adalah inti dari elemen komputer digital; bentuknya chip kecil dan terdiri dari transistor-transistor yang begitu banyak. 

Komputer jenis ini dimanfaatkan untuk mengolah data baik dalam bentuk huruf maupun angka. Ia seringkali dignakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. Diantara keunggulannya adalah tingkat ketepatannya yang sangat tingggi, output yang dihasilkan bisa berupa, huruf, angka, gambar maupun grafik, dapat menyimpan data, data yang disimpan bisa dikoreksi, dan ia dapat melakukan operasi logika.

Contoh Komputer Digital

Karena komputer digital adalah komputer yang kita operasikan sehari-hari, maka untuk zaman sekarang ini, ia bisa berupa berbagai jenis komputer, sebagai contoh adalah: desktop, laptop, netbook, Personal Digital Assistant (PDA), Minicomputer, Server, Supercomputers, dan komputer tablet. 

Jenis-jenis tersbut hanyalah sedikit dari beberapa contoh saja. Dengan era yang semakin maju tentunya akan semakin banyak jenis komputer digital.

Komponen Komputer Digital

Terdapat tiga komponen utama dalam komputer digital: 1. Hardware, yang terdiri dari Input/Output Device (I/O Device); Storage Device (perangkat penyimpanan); Monitor /Screen Monitor; Casing Unit., dan Central Procesing Unit (CPU). 2. Software, yang terdiri dari Sistem Operasi, Program Utility, Program Aplikasi, Program Paket, dan Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll. 3. Brainware (User).
– See more at: http://blogpustakadigital.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-dan-contoh-komputer-digital.html#sthash.dkKt7Wyv.dpuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *