PENGEMBANGAN TAMAN JERU DI TUMPANG

geru kab

KABUPATEN – Sejak 2011 lalu, Burung Jeru atau Jeru yang sudah lama mangkrak coba dibangkitkan kembali dengan konsep wisata petik buah, seperti Buah Mekarsari yang ada di Bogor. Namun, pembangunan yang tidak kunjung usai membuat wacana untuk melepas pembangunan dan pengelolaan kepada pihak ketiga, semakin menguat.

Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan, untuk sementara ini, masih berharap upaya pembangunan kembali Taman Jeru bisa diselesaikan oleh pemkab sendiri, lewat tiga SKPD-nya. Taman Jeru, seperti diketahui untuk saat ini digarap oleh tiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) antara lain: dinas kebudayaan dan pariwisata (), dinas kehutanan, serta dinas pertanian dan perkebunan.

yang lebih besar akan diupayakan untuk 2015 mendatang. Tapi, Rendra membuka peluang bagi investor yang ingin masuk. ”Tergantung, lebih cepat mana (bisa diselesaikan). Kalau ada investor yang tertarik, ya kita siap,” kata pria yang juga menjabat sebagai ketua DPD Partai Kabupaten Malang ini.

Seperti diketahui, lambannya pembangunan kembali Taman Jeru karena minimnya anggaran yang dialokasikan untuk objek wisata yang ada di Kecamatan Tumpang tersebut. Tahun ini saja, hanya ada anggaran sebesar Rp 300 juta yang berasal dari pemerintah pusat untuk pembangunan ruang tunggu dan perbaikan terhadap gerbang masuk Taman Jeru. Itu pun, dananya hingga saat ini belum dicairkan oleh pusat.

Sedangkan dari Pemkab Malang sendiri, ada dana dari APBD 2014 sebesar Rp 200 juta yang diperuntukkan bagi perbaikan jalan akses menuju Taman Jeru. Itu pun, hanya bisa untuk perbaikan jalan sepanjang 350 meter. Padahal, jalan akses ke Taman Jeru memiliki panjang hampir tiga kilometer dengan kondisi yang 80 persen jalanan rusak.

Asalkan konsepnya sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Pemkab Malang, Rendra siap menerima masuknya investor. Pemkab Malang ingin menjadikan Taman Jeru sebagai andalan untuk sektor wisata berkonsep agrowisata. ”Akan kami kembangkan beberapa depot-depot pertanian, termasuk madu. Kemudian di situ, ada camping ground, dilengkapi oleh alat untuk outbound,” kata pria yang menjabat sebagai bupati sejak Oktober 2010 silam itu.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, di kawasan Taman Jeru rencananya juga akan dibangun sarana . ”Salah satu yang kami program, manakala proposal kami disetujui oleh pusat. Kami akan buat Pertanian,” kata dia. Pembangunan Pertanian di kompleks Jeru dianggap sebagai rencana yang tepat, karena siswa bisa langsung melakukan praktik di Taman Jeru.

Sekadar informasi, Taman Jeru, awalnya mulai dikembangkan sejak pada era kepemimpinan Bupati Malang Muhammad Said pada akhir 1990-an. Namun, ketika Said tidak terpilih pada periode selanjutnya, sejak tahun 2000, Taman Jeru mangkrak. Kondisinya kini pun bisa dibilang mengenaskan. Mulai dari akses jalan, pintu gerbang utama, hingga kondisi di dalam Taman Jeru sudah tidak terawat.

 

Kata Kunci :

  • taman burung jeru tumpang
  • taman burung tumpang
  • taman burung di malang
  • taman burung tumpang malang
  • kuliner tumpang malang
  • lihat foto murid sekolah jeru tumpang malang
  • taman burung malang
  • Perkembangan kecamatan tumpang
  • lokasi taman jeru tumpang
  • jeru tumpang malang
Suka blusukan

1 Comment

  1. budi purwanto

    December 3, 2014 at 9:39 am

    sampai hari ini belum direalisasi,masyarakat jeru mengharapkan segera bisa terwujud, kami sebagai Kelompok Sadar Wisata selalu kapan dikerjakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *