PENGEMBANGAN DESA TAMBAK REJO TAMBAN

tambak rejo

SUMAWE- Pengembangan desa wisata yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satu desa yang ditunjuk pengembangan desa wisata yakni Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe). Desa tersebut siap mewujudkan sebagai desa wisata.
Kepala Desa (Kades) Tambakrejo Sudarsono mengatakan, pengembangan desa wisata sudah dimulai sejak tahun 2013 lalu. “Selain peran pemerintah, pengembangan desa wisata juga dilakukan atas partisipasi masyarakat.

Dijelaskannya, mayoritas masyarakatnya merupakan bekerja sebagai nelayan di Pantai Sendangbiru dan Pantai Tamban. Warga juga mendukung program desa wisata. Sektor wisata bisa menambah pendapatan mereka. Terlebih kata Sudarsono, pengembangan desa wisata nantinya bakal menambah lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.
“Kalau pengembangan desa wisata ini nantinya sukses, maka akan mesejahetrakan masyarakat. Seperti ikan tangkapan nelayan banyak dibeli wisatawan, rumah penginapan banyak disewa dan angkutan perahu ke Pulau Sempu semakin banyak disewa,” kata dia.

Sedangkan untuk pengembangan desa wisata yang dilakukan selama ini kata dia, meliputi pembenahan home stay, penambahan armada perahu dan penambahan fasilitas lainnya. Selain itu, masyarakat juga aktif membersihkan lingkungan pantai.
“Semua itu, merupakan pengembangan desa wisata atas partisipasi masyarakat,” imbuhnya.
Menurutnya Desa Tambakrejo mempunyai potensi lengkap untuk pengembangan desa wisata dan tempat perdagangan ikan skala besar. Hanya saja, dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkan hal itu. Diantaranya yakni melakukan promosi dan pembenahan akses jalan yang dia anggap masih belum memadai.
“Bila akses jalan maupun transportasi itu mudah, maka semakin banyak lagi wisatawan yang mengunjungiu desa kami,” imbuhnya.

Pihaknya juga gencar melakukan promosi keluar daerah. Namun, hal itu diakui harus difasilitasi oleh Pemkab Malang melalui instansi terkait dalam hal ini Disbudpar Kabupaten Malang.
“Kondisi jalan yang baik dan didukung promosi yang baik pula, maka manfaat program desa wisata ini akan secepatnya dapat dirasakan,” pungkasnya

 

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *