PENGEMBANGAN 3 OBYEK WISATA DI KABUPATEN MALANG

kab malang

MALANG- Pemkab Malang berupaya menciptakan Kawasan Wisata Sehat di Kabupaten Malang. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang, telah mencanangkan tiga obyek wisata yang menjadi Kawasan Pariwisata Sehat, yakni Wendit Water Park (WWP), Pantai Balekambang dan Taman Rekreasi Sengkaling.

Kepala Disbudpar Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan, pencanangan Kawasan Pariwisata Sehat itu akan dinilai tim pusat untuk mendapatkan penghargaan bergengsi dari Kemenpar dan Ekonomi Kreatif.
“Penghargaan Kawasan Pariwisata Sehat itu nantinya akan dinilai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Kesehatan,” ujarnya.
Tiga obyek wisata tersebut sudah mendapat sentuhan untuk menjadi Kawasan Pariwisata Sehat. Menurutnya, ada beberapa kriteria Kawasanan Pariwisata Sehat. Diantaranya ketersediaan tempat sampah, area bebas merokok, lingkungan sekitar yang bersih dan penataan tempat wisata.

Nantinya tim penilai dari dua kementerian tersebut akan turun ke lapangan paling cepat bulan September mendatang. Mereka akan melakukan penilaian pada tiga tempat yang telah kami tetapkan sebagai Kawasan Pariwisata Sehat itu,” terang mantan kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang ini.
Mulai awal bulan ini, pihaknya telah menggelar sosialisasi program itu kepada masyarakat yang tinggal di tiga kawasan tersebut. Tujuannya agar mereka paham atas program itu dan siap mendukung untuk mewujudkannya.
“Penilaian yang dilakukan juga termasuk pemukiman masyarakat yang tinggal di tempat obyek wisata tersebut. Untuk itu, kami juga mengharapkan peran aktif dari masyarakat untuk bekerjasama menjaga lingkungan,” terangnya.

Untuk kesuksesan penilaian tersebut, pihaknya membutuhkan kerjasama dari instansi terkait. Seperti Badan Lingkungan Hidub (BLH), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) serta PD Jasa Yasa yang mengelola Pantai Balekambang.

Pencanangan tiga Kawasan Pariwisata Sehat itu bukan hanya semata-mata untuk menyiapkan penilaian tingkat nasional.  Juga berupaya menciptakan Kawasan Pariwisata Sehat di Kabupaten Malang. “Kedepannya, kami berupaya untuk menambah obyek wisata yang termasuk Kawasan Pariwisata Sehat,” pungkasnya.

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *