PENELITI JEPANG BIKIN ROBOT PENGAWAS LINGKUNGAN YANG DI LENGKAPI DENGAN SMARTPHONE ANDROID

ROBOT

Para peneliti dari Laboratorium Takanishi di Fakultas sains dan Teknik Universitas Waseda Jepang baru saja mengumumkan proyek pembangunan robot pengawas lingkungan yang dikembangkan bersama Universitas Kokushikan dan Japan Robotech. Keunikan robot pengawas lingkungan ini adalah keberadaan sebuah smartphone Android untuk menjalankan fungsinya.

Smartphone Android pada robot ini adalah handphone dari Sony Mobile, yakni Sony Xperia So-05D. Di dalam smartphone tersebut juga tersemat aplikasi khusus yang digunakan untuk mengontrol pergerakan motor dan sensor pada robot. Aplikasi khusus tersebut akan secara periodik mengukur data dari GPS, kamera ataupun sensor eksternal. Selanjutnya, data-data tersebut akan diunggah ke ke layanan cloud Google Drive menggunakan jaringan mobile.

Robot ini kemungkinan akan dibanderol dengan harga berkisar antara 1500 USD hingga 5000 USD. Para peneliti mengatakan bahwa robot ini dibangun bertujuan untuk melakukan monitoring aktivitas hewan di hutan, monitoring radiasi di pertambangan dan lain-lain.

Robot ini bergerak dengan enam kakinya dan dilengkapi dengan dua motor DC. Masing-masing motor digunakan untuk menggerakkan tiga kaki yang terletak di kiri dan kanan. Robot ini pun mampu bergerak ke depan, belakang, ataupun berbalik kiri dan kanan. Selain itu robot ini memiliki kecepatan sebesar 0.1 meter perdetik.

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *