PEMBUKAAN GERBANG UB SUKARNO HATTA

suhat ub

MALANG – Sejak gerbang Universitas Brawijaya (UB) Soekarno Hatta (Soehat) dibuka Kamis (28/8/14) lalu, lalu lintas di jalan utama kampus masih terlihat lancar. Namun, hal ini menyebabkan beberapa warga UB cemas, kalau-kalau jalan yang menghubungkan Jl Veteran dan Jl Soehat itu kembali disalahgunakan sebagai jalan tikus bagi kendaraan umum.

Salah satunya adalah Abdila Febrinianto, mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) UB. “Kalau dibuka, nanti kendaraan umum bakal masuk tidak?” tanya pria asal Nganjuk ini.
Dia melanjutkan, bila kendaraan umum boleh masuk, dikhawatirkan justru akan membuat kemacetan di jalan utama UB. Apalagi, gedung PTIIK terletak tepat di sebelah timur jalan utama tersebut. “Tambah lagi nanti kendaraan mahasiswa baru,” tegasnya.
Senada, Muhammad Dzulfikar, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB juga mulai bertanya-tanya tentang kelanjutan lalu lintas di dalam kampus UB. “Kalau disana, jalan UB bisa tambah ramai,” ujar dia.

Sugeng Prayitno, Anggota Tim Transportasi UB membenarkan keresahan warga UB tersebut. “Seperti pada sebelum gerbang Soehat itu ditutup, kendaraan umum bebas keluar-masuk meski telah kami beri imbauan,” ujarnya.
Menurutnya, bila kendaraan umum masuk, akan timbul keruwetan di dalam kampus. Akan tetapi, sampai saat ini pihaknya baru menempel larangan di pintu masuk.
Sebenarnya, lanjut Sugeng, tujuan utama gerbang Soehat dibuka adalah membantu Pemkot Malang dalam mengurai kemacetan. Terkait pula soal penerapan 24 jam penuh satu arah di lingkar UB

Gerbang yang sempat berbulan-bulan ditutup itu, kini dikhususkan untuk jalur keluar saja. Sedangkan, gerbang di Mayjend Pandjaitan, ditujukan untuk jalur masuk. Lebih lanjut, di gerbang Soehat ditambah pula traffic light untuk memperlancar arus lalu lintas di persimpangan jalan itu.
“Kalau traffic light, sudah melalui kajian tim ahli. Dengan rentang waktu 48 detik, dipastikan kalau lalu lintas di dalam UB tidak akan terganggu,” jelas pria yang juga menjabat sebagai ketua jurusan teknik sipil ini.
Di luar itu, dia memastikan kalau pihaknya akan selalu melakukan kajian terkait kendaraan umum yang menjadikan jalan utama UB menjadi alternatif. “Kami sudah punya rencana untuk memberi tanda bagi kendaraan milik warga UB. Jadi, dipastikan kedepannya kendaraan umum tidak bisa masuk,” kata Sugeng.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Wahyu Setianto mengatakan kalau sementara ini memang jalan utama UB masih tidak boleh dilintasi kendaraan umum. “Akan tetapi, bila lingkar UB jadi satu jalur full tanpa terkecuali, kami akan memohon pihak UB untuk mengizinkan kendaraan umum dan angkot melalui jalan itu,” papar Wahyu

 

Kata Kunci :

  • godzilla cafe suhat malang
  • cafe Gozila suhat
  • daftar menu dan harga godzilla cafe suhat malang
  • godzilla cafe suhat
  • harga godzilla malang
  • menu dan harga di godzilla cafe suhat malang
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *