PELANTIKAN APDESI KABUPATEN MALANG

kades

KEPANJEN- Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Malang  periode 2014-2019 dilantik di Pendopo Kepanjen kemarin pagi. Pelantikan itu dilakukan langsung oleh Ketua DPD APDESI Provinsi Jawa Timur Nizar Zahro dan disaksikan Bupati Malang H Rendra Kresna.
Jabatan Ketua diemban Abdullah Sos yang merupakan Kepala Desa (Kades) Simojayan Kecamatan Ampelgading, Sekretaris dipercayakan kepada Kades Tunjungtirto Hanik Dwi Martya, serta Bendahara dijabat Anik Sri Hartatik Kades Jabung.

Dalam sambutannya, Bupati Malang H Rendra Kresna mengatakan APDESI merupakan organisasi non profit, sehingga dibutuhkan pengorbanan oleh pengurusnya. “Seluruh pengurus organisasi APDESI harus berkorban tiga hal, yakni korban waktu, korban materi dan korban perasaan,” ujarnya kemarin.
Bung Rendra sapaan akrab Bupati mengatakan, seluruh waktu pengurus APDESI harus dicurahkan untuk mengurus anggotanya. Dia juga menjelaskan, APDESI merupakan wadah konsolidasi dan pemersatu antar sesama Kades. Sehingga dapat menciptakan komunikasi yang baik dan tercipta kerukunan di masyarakat.
“APDESI juga merupakan mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, dalam mempercepat pembangunan yang ada di masing-masing desa,” kata Bung Rendra.

Sementara itu, Ketua DPD APDESI Provinsi Jawa Timur Nizar Zahro mengatakan, pemerintah desa merupakan ujung tombak untuk memajukan Provinsi Jawa Timur. Oleh sebab itu, dibutuhkan kinerja yang maksimal dari masing-masing pemerintah desa. Hal itu kata Nizar, demi mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.
“Jadi, dibutuhkan dedikasi yang tinggi pada seluruh pengurus APDESI. Selain itu, mereka harus bekerja dengan hati dan ketulusan,” terangnya.
Dia menambahkan, organisasi APDESI merupakan wadah yang penting untuk meningkatkan  persatuan dan kesatuan antara Kades. Sehingga terjalin hunungaan yang baik antar Kades.
Menurutnya, APDESI juga bisa sebagai kontrol pembangunan dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah. “APDESI juga bisa menyampaikan kritik dan saran kepada pemerintah daerah terkait kebijakan yang diambil. Dengan begitu, terjalin hubungan yang baik antara pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi,” pungkasnya.

 

 

Kata Kunci :

  • naskah pelantikan apdesi
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *