PEDOMAN BAGI IBU YANG MENYUSUI BUAH HATINYA

menyusui

Menyusui tak hanya memiliki manfaat  untuk bayi, tetapi juga bermanfaat untuk Anda. Oleh sebab itu, Anda harus dapat menjaga segala hal yang berhubungan dengan proses kelancaran menyusui, salah satunya adalah dengan memilih bra yang tepat.

Penggunaan bra yang tepat tak hanya dapat memberikan rasa nyaman untuk Anda, namun juga dapat memudahkan Anda ketika akan memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada si kecil.

Oleh karena itu, Anda juga tak bisa sembarangan dalam memilih bra. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti berikut ini:

 

  • Hindari bra kawat

Selama menyusui, hindarilah penggunaan bra berkawat. Selain dapat membuat aliran darah pada payudara terganggu  aliran ASI juga bisa mengalami gangguan dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, hindarilah penggunaan bra kawat.


  • Memilih bra sesuai ukuran payudara

Pilihlah bra yang sesuai ukuran payudara Anda, sehingga mampu menutup payudara dengan sempurna. Salah satu perubahan yang akan dialami saat hamil adalah ukuran payudara yang membesar. Tulang rusuk pun “membesar” saat hamil. Alhasil, ukuran bra pun berubah menjadi lebih besar.

Maka, saat memilih bra menyusui, pastikan ukuran lingkar dada dan cup sudah sesuai dengan payudara Anda. Oh ya, Anda juga disarankan membeli bra berdekatan dengan waktu persalinan (1 – 2 minggu sebelumnya) agar ukuran bra dan payudara lebih pas.

Hindari pula memilih bra menyusui dengan ukuran yang terlalu kecil atau ketat. Alih-alih nyaman, Anda akan cepat pegal dan saluran ASI malah bisa tersumbat sehingga menyebabkan  mastitis


  • Wajib miliki pengait depan

Bra menyusui berbeda dengan bra biasa. Salah satunya letak pengait bra. Bra menyusui memiliki pengait di depan untuk memudahkan Anda melepaskan bra dengan satu tangan saat ingin memberikan ASI

  • Bahan 100% katun

Bra berbahan katun dapat membuat kulit payudara “bernafas” dan tetap kering, sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri pada payudara. Anda juga bisa menjaga higienitas payudara dengan menggunakan breast pad sekali pakai atau breast pad yang bisa dicuci. Breast pad juga akan mencegah ASI bocor sehingga bra menyusui tetap kering meski produksi ASI melimpah.


  • Bra khusus menyusui

Para ahli menyarankan Anda menggunakan bra menyusui. Hal tersebut dikarenakan bra menyusui sudah dibuat khusus untuk menyangga payudara yang berisi ASI. Tak hanya itu, bentuk payudara tetap dapat terjaga dengan baik. Bahkan, kelebihan bra menyusui  biasanya memiliki celah yang dapat membuat mengeluarkan payudara tanpa harus membuka pengait.

Perlu diingat, Anda sebaiknya memiliki tiga bra menyusui untuk dipakai, dicuci, dan disimpan dalam lemari pakaian. Selamat menyusui! (PR)

 

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *