PARA PEDAGANG HEWAN KURBAN SUDAH MULAI MENJAMUR

CIMG6673

Malang, Hari IDUL ADHA sudah mulai mendekat, hal ini di manfaatkan oleh para pedagang hewan kurban musiman khususnya Malang,untuk menjajahkan hewan daganganya di  kota sejuk ini.Kali ini tim Blusukan mencoba berinteraksi dengan pedagang hewan kurban yang mangkal di Su-Hat (Jalan Sukarno-Hata) tepatnya di jalan pintu masuk semanggi Malang.Bapak Umam salah satu pedagang hewan kurban yakni pedagang sapi, menjelaskan bahwa Sapi yang dia bahwa jenisnya Sumbawa jawa dan Sumbawa Brahma.Menurut Dia jenis ini yang sering di sukai oleh para pembeli hewan kurban dikarenakan hewan ini lebih besar dan berbobot di bandingkan oleh jenis sapi tradisi atau sapi lokal yang juga di jual disini. Sapi tradisi atau sapi lokal cendrung berbobot agak kecil dan berwarna putih. Begitupun soal harganya Sapi sumbawa Brahma di hargai mulai dari 20-22Juta  beda dengan sapi tradisi atau lokal yakni di hargai mulai  9 juta.Harga tersebut juga termasuk harga kirim hewan kurban ke tempat pemesanCIMG6671.Harga ini juga bisa terus naik jika mendekati hari H.

Tidak jauh dari pedagang Sapi ini ada juga pedagang Kambing yang setiap kambingnya di bandrol dengan harga 2 – 3 juta . Pedagang-pedagang ini sudah mulai sibuk sejak pagi hari hingga malam hari guna membuat kandang sementara. Begitu juga soal pangan dan minum ternak  mereka juga siapkan.

Dari keterangan bapak Umam beliau menjelaskan bahwa Dia bisa mendapat keuntungan dari menjual Sapi Brahma per ekor sampai 5-6 juta ,begitu pula dengan sapi lokal per ekor Ia bisa mendapat untung sampai 2 juta,sedangkan kambing per ekor Dia mendapat untung sekitar 500 ribu – 1 juta rupiah.

 

 

 

Kata Kunci :

  • pengiriman hewan kurban
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *