PANTAI KONDANG MERAK AKAN DI GARAP PENUH OLEH PEMKAB MALANG

merak

Pemkab Malang tak mau setengah-setengah lagi menggarap potensi pantai yang dimiliki. Sukses menggarap Pantai Ngliyep dan Pantai Balekambang, pemkab kini akan fokus untuk mengembangkan wisata di Pantai Kondang Merak.

Selama ini, Kondang Merak dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. Tiket masuk ke wisata pantai tersebut adalah Rp 5 ribu. Hanya saja, di lokasi Kondang Merak sangat minim fasilitas. Di pantai yang berlokasi di Kecamatan Bantur tersebut hanya ada warung, menara pantau, musala, dan dua toilet umum.

Untuk meningkatkan fasilitas wisata di Kondang Merak, Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa milik Pemkab Malang saat ini sedang melobi Perhutani. Hasilnya, dua instansi tersebut sepakat untuk menggarap Kondang Merak secara bersama-sama.

Kondang Merak dipilih karena dinilai lebih siap dibandingkan dengan objek wisata pantai lainnya. Tingkat kunjungan wisatawan di pantai ini juga sudah banyak. Dalam satu tahun, tercatat mendekati angka 10 ribu wisatawan. Selain itu, tempatnya juga strategis, tidak jauh dari Pantai Balekambang. ”Jadi bisa satu tujuan ke Balekambang,” kata Arif Herlambang, Administratur Perum Perhutani KPH Malang, siang kemarin.

Hanya saja, sambung Arif, untuk bisa merealisasi rencana kerja sama antara pemkab dengan Perhutani masih diperlukan banyak persiapan. Di antaranya, pada penyusunan rencana pengembangan pariwisata secara menyeluruh. ”Kalau destinasinya sudah siap, tapi harus kita susun master plan-nya dulu,” kata Arif.

Salah satu yang harus dibahas dalam kerja sama tersebut, sebut pria asal Pati itu, pada sharing pengelolaan beserta hasilnya. Dia mencontohkan pada harga tiket yang saat ini dibebankan kepada pengunjung sebesar Rp 5 ribu, akan dinaikkan menjadi sebesar Rp 10 ribu. Perolehan dari penjualan tiket itu akan dibagi secara rata antara Perhutani dengan Jasa Yasa.

Sementara itu, Direktur Administrasi PD Jasa Yasa Asyari mengatakan, dia telah membicarakan rencana kerja sama lanjutan pantai-pantai wisata. Termasuk di antaranya kerja sama untuk mengembangkan Pantai Kondang Merak.

Namun, lanjut dia, saat ini antara Jasa Yasa dengan Perhutani belum detail membicarakan kerja sama Kondang Merak itu. Termasuk pelaksanaan promosi dan penambahan fasilitas hingga perbaikan infrastruktur. Saat ini kondisi jalan menuju Kondang Merak masih perlu perbaikan.

Dia menambahkan, pengelolaan Kondang Merak akan dipadukan dengan Balekambang. Dan perpaduan itu sangat memungkinkan karena sudah ada akses yang menghubungkan kedua objek wisata pantai yang memiliki panorama pemandangan yang eksotis tersebut.

 

Kata Kunci :

  • kondang merak kuliner
  • lesehan dekat pantai kondang merak
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *