OPRASI PASAR AKAN DI HELAT PEMKAB MALANG MENJELANG RAMADAN

pasar murah

MALANG- Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menyiapkan operasi pasar sejumlah komoditi pokok. Operasi pasar tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat menghadapi lonjakan harga jual bahan kebutuhan pokok di pasaran, yang biasa terjadi saat bulan Ramadan.  Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian Perdangangan dan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Malang, Hasan Tuasikal mengatakan ada empat jenis komoditi pokok yang akan dijual dalam operasi pasar tersebut, yakni beras, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu.

Empat bahan pokok itu biasanya banyak dicari masyarakat selama bulan Ramadan. Sehingga menyebabkan harga jual empat bahan pokok itu mengalami kenaikan Dia menegaskan, operasi pasar tersebut nantinya bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Provinsi Jatim. Waktu pelaksanaan operasi pasar itu sendiri bakal dilakukan dua kali, yakni mulai pekan depan hingga memasuki bulan puasa dan H-7 Hari Raya Idul Fitri.

“Operasi pasar tersebut rencananya akan dihelat di empat tempat yakni, Pasar Kepanjen, Pasar Singosari, Pasar Karangploso dan Pasar Tumpang,” urainya. Sedangkan untuk stok komoditi bahan pokok yang disiapkan, rencananya berjumlah empat ton di masing-masing tempat pelaksanaan operasi pasar. Rinciannya yakni beras, gula, minyak goreng dan tepung disiapkan masing-masing satu ton. Hal itu menurutnya, mengacu pada penyelenggaraan kegiatan yang sama pada tahun lalu.
“Untuk tahun ini, kami berupaya menyediakan stok komoditi pokok yang dijual melebihi stok dari tahun lalu. Supaya lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” bebernya.  Untuk penyediaan empat bahan pokok yang akan dijual dalam operasi pasar kata Hasan Tuasikal, pihaknya bekerjasama dengan Bulog dan Pabrik Gula. Hal itu sekaligus untuk mendorong isntasnsi baik itu negeri maupun swasta untuk aktif dalam kegiatan ini.

“Kalau bicara harga jual, yang jelas di bawah pasaran. Untuk tepatnya berapa, saat ini kami masih mengkaji dan berkoordinasi dengan Disperidag Provinsi Jatim. Selain itu, kami juga masih memantau pergerakan harga jual yang ada di pasaran,” terangnya. Menurutnya, selain operasi pasar, pihaknya juga menggelar pasar murah untuk mengendalikan harga bahan pokok. “Pasar murah sudah kami adakan saat Kementerian Perdagangan Muhammad Lutfi berkunjung ke Kabupaten Malang. Pasar murah dan operasi pasar merupakan agenda rutin yang kami adakan,” tuturnya.

 

 

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *