Olahraga yang Murah dan Mudah Dilakukan

jogging

Sebagian orang malas untuk berolahraga karena malas berolahraga secara berkelompok dan menggunakan instruktur. Tetapi sebenarnya banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan sendiri, dan tidak banyak memerlukan keahlian teknis, peralatan, atau biaya.

Kira-kira olahraga apa saja yang dapat dilakukan dengan murah dan mudah?

Berikut beberapa jenis kegiatan olahraga yang cukup murah dan mudah dilakukan seperti dikutip dari BBCHealth, Selasa (31/1/2012) antara lain:

1. Berjalan
Sebagian besar orang melakukan aktivitas berjalan setiap hari. Seringkali banyak yang melakukan ativitas berjalan jauh lebih sedikit. Tetapi sebenarnya berjalan merupakan kegiatan olahraga paling sederhana dan termurah. Berjalan memperbaiki kondisi jantung dan paru-paru (kebugaran kardiovaskular) dan melatih otot-otot tubuh bagian bawah.

Berjalan juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Berjalan menanjak mengeluarkan energi yang lebih banyak. Sedangkan berjalan turun juga menggunakan lebih banyak energi daripada berjalan di daerah datar. Maka sebaiknya dengan memperbanyak aktivitas berjalan dalam kehidupan sehari-hari dapat dianggap sebagai olahraga.

2. Berlari atau jogging
Berlari juga merupakan jenis olahraga yang murah, dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan yang paling penting, sangat efektif. Jika memiliki riwayat diabetes, nyeri dada, angina, asma, epilepsi, tekanan darah tinggi, telah menjalani operasi atau sedang hamil, konsultasikan dengan dokter mengenai olahraga tersebut.

Seperti dengan jenis olahraga lainnya, perlu untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Mulailah dengan berjalan pada kecepatan yang cepat, kemudian secara bertahap masuk ke joging lambat. Jika terlalu terengah-engah untuk berbicara, maka sebaiknya memperlambat kecepatan berlari atau berjalan untuk sementara waktu hingga dapat bernapas dengan lebih mudah.

3. Berenang
Berenang adalah cara lain untuk mulai mendapatkan olahraga yang mudah, karena kebanyakan kota memiliki kolam renang, relatif murah. Hanya dengan berenang selama beberapa waktu dapat melibatkan sebagian kelompok otot utama, memberikan tubuh dengan latihan yang baik. Berenang juga merupakan bentuk yang efektif untuk membakar lemak.

Keuntungan besar lainnya adalah air dapat mendukung berat badan dan meredam tekanan pada sendi.

4. Bersepeda
Bersepeda tidak hanya mengurangi polusi lingkungan, tetapi juga dapat dianggap sebagai olahraga. Beberapa manfaat utama dari bersepeda, antara lain menyehatkan jantung, membuat tubuh lebih bugar, dan membakar kalori.

5. Menari
Menari sebagian besar merupakan aktivitas aerobik yang meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru. Menari dalam waktu yang lama juga membutuhkan daya tahan otot dan kebugaran motorik. Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak bisa menari karena mereka memiliki koordinasi yang buruk, tapi sebenarnya setiap orang bisa menari.

6. Sepak bola
Sepakbola adalah olahraga berlari membutuhkan beberapa pemain untuk menghabiskan beberapa waktu mereka berlari dan lain kali berjalan cepat atau lambat. Berbagai tingkat kebugaran yang diperlukan, tergantung pada posisi pemain dalam tim. Tetapi olahraga ini memiliki tingkat aerobik yang cukup tinggi.

Kata Kunci :

  • hobi olah raga termurah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *