Nongkrong sambil belajar sejarah dan budaya kuno di De Museum Cafe

museum kafe

Malang Online – Mempelajari budaya dan sejarah memang bukanlah passion setiap orang, tetapi nongkrong atau bersantai sembari mempelajari sejarah dan budaya bangsa sendiri tentunya bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Dilatar belakangi keinginan untuk membuat tempat yang mampu membuat generasi muda mau mempelajari sejarah dan budaya bangsa Indonesia dan dunia, Shafa Erna Hermawati dan sang suami yaitu Bambang Noorsena akhirnya membuka De Museum Cafe, sebuah cafe yang bernuansa museum karena penuh dengan benda antik dan bersejarah di Jalan Panji Suroso Kavling 10 nomor 12A kota Malang.

Ide membuat Cafe dengan nuansa museum yang menyenangkan ini, diawali dari pendidikan sang suami yang sering berkeliling dunia mempelajari budaya dan sejarah kuno seperti ke Syria, Mesir dan banyak tempat lainnya yang membawa hasil yang tidak ternilai harganya yang kemudian dipasang di De Museum Cafe. Pemasangan artefak dan manuskrip kuno berumur ribuan tahun membuat nuansa De Museum cafe berbeda dengan cafe-cfe yang lain, karena selain memberikan tempat nongkrong yang menyenangkan dengan makanan yang enak juga memberikan pendidikan kepada para pengunjung.
museum cafe
“Sampai saat ini pengunjung memang masih didominasi kalangan keluarga, tetapi untuk anak muda juga sudah mula banyak yang datang dan bertanya tentang sejarah-sejarah dan arti dari barang-barang antik yang kami pasang di Cafe,” jelas Shafa yang mendampingi suaminya menemui Malang Online.

Selain barang-barang hasil penelitian seperti replika Kitab suci Taurat mulai jaman Nabi Musa, De Museum Cafe juga dipenuhi buku-buku koleksi pasangan suami istri pemilik cafe ini.

“Ada juga koleksi buku hasil tulisan saya, serta sejarah-sejarah makanan yang terkenal seperti sejarah bakso dan makanan yang lainnya. Selain itu banyak pengunjung yang datang untuk mencari referensi bahan kuliah mereka,” jelas Bambang yang akan segera berangkat ke Hongkong untuk urusan kebudayaan.

Dalam rangka makin memperkenalkan sejarah bangsa Indonesia dan sejarah dunia, De Museum Cafe saat ini sedang menjalankan program kunjungan sekolah ke De Museum Cafe agar siswa-siswa yang berkunjung bisa mendapatkan ilmu dan wawasan baru seperti sejarah dan perkembangan huruf dan sejarah-sejarah lainnya yang tidak semua bisa menjelaskannya.

Agar pengunjung juga betah De Museum Cafe, Shafa menyajikan menu makanan dan minuman yang berbeda dari tempat lain seperti Bakso dengan cita rasa yang berbeda, Soto Betawi, Dimsum dan Wedang Uwuk serta menu makanan yang lainnya.

“De Museum Cafe ini memiliki kapasitas sampai 60 orang, dengan jam operasional buka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB dan libur pada hari Senin. Kami juga melayani delivery order. Untuk pemesanan antar dan pemesanan tempat, bisa telpon ke (0341) 486240,” jelas Shafa.

Nongkrong keren sambil mempelajari budaya, tentunya hanya di De Museum Cafe. (A.Y)

#cafe di malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *