MENJELANG IDUL ADHA HARGA DAGING MASIH SETABIL

daging ayam

Kabupaten  MALANG Jelang momen Idul Adha pada minggu pertama Oktober mendatang, harga -harga sejumlah bahan kebutuhan pokok menunjukkan masih berada di angka yang stabil. Konsumsi tinggi biasanya memang lebih tinggi pada momen Idul Fitri dibanding Idul Adha.

Di pasar Lawang, Kabupaten Malang  harga daging sapi  dibanderol dengan harga Rp 94 ribu sampai Rp 96 ribu. ”Biasanya memang ada kenaikan sampai Rp 100 ribu. Tapi, cuma sehari dua hari sebelum hari raya kurban. Setelah itu ya normal lagi,” ucap salah satu pedagang, HM Supardi.

Sementara itu, untuk daging ayam dipatok di harga Rp 26 ribu per kilogram. Lalu telur ayam dipasarkan dengan harga Rp 15 ribu per kilogram. Harga yang relatif stabil juga terpantau di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Malang.  Seperti Pasar Blimbing, Mertojoyo , maupun Pasar Besar.

Daging ayam malah mengalami penurunan. Dari yang sebelumnya Rp 29 ribu per kilogram kini menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Lalu, telur ayam ras dipatok dengan harga Rp 16,500 per kilogram. Sementara itu, harga daging sapi bervariasi. Untuk daging sapi rawonan harganya mencapai Rp 82 ribu hingga paling tinggi Rp 90 ribu.

Sementara itu, untuk daging sapi kualitas terbaik dibanderol dengan harga Rp 105 ribu hingga Rp 110 ribu. ”Kami melakuka pencacahan setiap minggu, dua minggu, dan satu bulanan. Sejauh ini harga-harga masih terpantau normal,” ucap Kasi Statistik dan Distribusi BPS Kota Malang, Erni Fatma Setyoharini.

Lebih lanjut, Erni menyebutkan, ada 372 paket komoditas yang dipantau oleh BPS. Dia menyebutkan, kenaikan harga daging pada momen jelang Idul Adha dinilainya tidak akan banyak menyumbang inflasi , karena bobot indikatornya tidak terlalu besar. Beda dengan komoditas  seperti telur ayam ras dan lainnya.

”Bobotnya memang kecil karena tidak banyak yang mengkonsumsi ya. Tren per tahun malah pada momen Idul Adha, konsumsi daging sapi dan kambing ini akan makin melemah, karena masyarakat tidak membeli lagi. Mereka banyak yang menerima dari hasil penyembelihan kurban,” ujarnya..

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *